Efek Jarang Mengganti Oli Samping Motor

 

motor

image source: cyclenews

Oli samping terbaik merupakan salah satu kebutuhan motor 2 tak yang wajib dipenuhi oleh pemilknya. Namun tidak jarang banyak  yang menganggapnya remeh padahal oli samping ini sangatlah penting. Mesin pada umumnya mempunyai batas umur, jika tidak dirawat dengan baik usia mesin akan lebih cepat habis dan salah satu perawatan bagi motor adalah mengganti oli samping motor secara rutin. Selain itu, mengganti oli tepat waktu dengan kualitas oli terbaik juga salah satu cara menghemat bahan bakar kendaraan.

Emang apa yang terjadi seseorang jarang melakukan pergantian oli samping? Oh, banyak sekali akibat yang disebabkan jarangnya mengganti oli samping. Penasaran? Berikut ini daftar efek dari jarangnya mengganti oli samping motor:

Semakin Menurunnya Kinerja Mesin Motor

Oli samping yang kotor bias membuat mesin harus bekerja lebih keras dan semakin banyak plak-plak yang menumpuk pada mesin. Hal ini tentunya akan menurunkan performa dari mesin motor. Bisa dibilang oli samping yang seharusnya membantu meningkatkan kinerja motor malah menjadi beban yang membuat mesin bekerja terlalu keras. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk melakukan pergantian oli motor agar oli baru  seperti tubuh yang mendapatkan asupan baru yang lebih bergizi, tentu performa motor akan menjadi bagus.

Mesin Gampang Overheating

Tahuhkan jika salah satu fungsi oli samping adalah mendinginkan mesin? Dan kadar oli samping yang digunakan dapat berkurang seiring motor dipakai? Oli samping yang sudah lama dipakai akan memiliki kadar yang kurang sehingga tidak bisa lagi mendinginkan mesin dengan baik. Jika dibiarkan begitu terus, kepala silinder pada motor akan melengkung dan harus diganti.

Mau Hemat tapi Motor Boros BBM?

Jika oli samping sudah kotor dan volumenya berkurang, tahukan Anda bahwa gesekan antara komponen mesin saat motor dinyalahkan akan semakin kasar dan keras karena oli lama sudah tidak bisa berfungsi secara maksimal. Hal ini memicu tarikan mesin yang lebih berat dan mengkonsumsi BBM lebih banyak. Jika emang mau hemat untuk BBM, coba secara rutin cek dang anti oli samping motor 2 tak Anda.

Komponen Mesin Bisa Rusak

Tarikan yang berat, lama kelamaan akan membuat mesin jadi cepat aus. Aus berarti rusak, rusak berarti ganti, ganti berarti keluarin uang lagi. Daripada motor Anda rusak dan banyak keluarin uang untuk perbaikinya, mending rutin ngecek dang anti oli samping. Mengganti oli samping apalagi menggunakan oli samping yang tepat dapat membuat tarikan motor ringan, mesin awet dan tidak boros BBM.

Ayo, rajin melakukan pengecekan dan pergantian oli samping untuk motor 2 tak Anda. Jangan lupa untuk mencari oli samping yang cocok dengan motor Anda. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *