Dampak Penggunaan Ban Motor Berukuran Kecil

ban motor

source: google

Melakukan modifikasi pada motor adalah salah satu hal yang sering dilakukan begitu kendaraan yang dibelinya sampai di rumah. Dari mulai modifikasi body, mesin, hingga beberapa komponen lainnya. Ada beberapa orang yang memperhatikan secara detail masalah modifikasi ini, sehingga tidak mempengaruhi asuransi motor yang dimilikinya. Namun, banyak juga yang mengabaikannya dan hanya terfokus pada tujuannya yaitu membuat penampilan motornya terlihat lebih keren.

Diantara berbagai komponen yang umum dilakukan modifikasi, ban motor adalah salah satunya. Bagi mereka, ban motor adalah hal yang sangat berpengaruh pada penampilan motor, dan ban motor berukuran kecil adalah salah satu jenis modifikasi yang difavoritkan. Hal ini berkaitan dengan keuntungan atau dampak positif dari menggunakan ban kecil, yaitu:

  • Tarikan ringan

Motor yang menggunakan ban berukuran kecil ini biasanya memiliki tarikan yang lebih ringan dibandingkan dengan ban berukuran standar. Khususnya ketika tarikan awal motor, hal ini akan lebih terasa. Sebab itulah, motor yang sering digunakan dalam ajang drag bike sering menggunakan ban kecil ini.

  • Rantai dan gear lebih awet

Tarikan motor yang ringan ini secara langsung akan berpengaruh pada rantai dan juga gear yang lebih awet karena bekerja lebih ringan.

Memang, menggunakan ban kecil bisa memberikan keuntungan, namun jangan salah, ada beberapa kerugian juga loh. Bahkan, jika kamu perhatikan baik-baik, kerugian ini justru lebih banyak dibandingkan dengan keuntungannya, yaitu:

  • Tidak stabil

Sebenarnya, prinsipnya sama seperti kondisi umum, yaitu semakin lebar permukaan maka tingkat kestabilannya akan semakin tinggi. Begitu pula dengan ban motor, karena ukurannya kecil maka secara otomatis kestabilannya akan lebih kecil dibandingkan dengan ukuran standar. Akibatnya, kemungkinan motor mengalami selip atau tergelincir akan semakin besar.

  • Merusak velg

Kemampuan ban berukuran kecil dalam meredam benturan lebih kecil dibandingkan dengan ban berukuran normal. Apalagi, jika beban yang dibawanya cukup besar. Maka, jangan heran jika kamu harus berkali-kali mengganti velg motor saat menggunakan ban ini.

  • Melanggar aturan

Jelas, mengubah ban motor dengan ukuran di luar standar termasuk ke dalam kategori melanggar aturan. Jadi, bersiaplah kena tilang ketika menggunakan ba motor ini untuk berkendara sehari-hari. Tidak hanya itu, jika suatu saat terjadi kecelakaan yang menimpamu akibat penggunaan ban ini, bisa jadi asuransi juga melakukan penolakan atas klaim yang kamu ajukan, karena hal ini dianggap terjadi akibat kelalaian.

Silakan jika kamu ingin memodifikasi motor. Namun, jangan lupa untuk mempertimbangkan berbagai faktor ya, termasuk keselamatan. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *