Dampak Negatif Binge Watching

Pernah dengar kata binge-watching? Untuk kamu yang senang menonton film apalagi serial, pastinya dekat sekali dengan kata ini. Binge-watch atau maraton film, merupakan suatu kondisi di mana kamu sengaja meluangkan waktumu untuk menonton serial dan film dalam jangka waktu yang cukup lama. Entah menonton langsung di bioskop, televisi, atau streaming melalui koneksi internet indonesia. Kegiatan binge-watching bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari sengaja meluangkan waktu selama dua atau tiga jam untuk menonton beberapa episode, hingga meluangkan waktu seharian untuk menonton serial hingga tuntas.

Namun demikian, meski menyenangkan, binge-watching ternyata membawa dampak negatif untuk tubuh kita, lho. Hmm, kenapa ya?

  • binge-watchingKamu jadi semakin malas bergerak. Duduk di depan televisi dari pagi hingga malam demi menuntaskan si serial televisi kesayangan? Meski terdengar enak dan nyaman, ternyata hal ini sangat membahayakan, lho. Pasalnya, jika kamu adalah pekerja kantoran, dari hari Senin hingga Jumat kamu sudah duduk di depan layar monitor dan di akhir pekan, kamu menghabiskan waktumu untuk binge-watching. Kapan olahraganya? Semakin lama kamu menenggelamkan diri dalam serial televisi yang kamu tonton, akan semakin sulit juga bagimu untuk bergerak dan bangkit dari depan televisi.
  • Matamu menjadi kering dan berair. Siapa yang senang mematikan lampu di rungan ketika sedang menonton televisi? Well, disadari atau tidak disadari, cahaya yang dipancarkan dari layar televisi nyatanya bisa membuat matamu kering dan berair. Sejauh apa pun kamu menjaga jarak antara mata dan layar televisi, semakin lama kamu menonton, matamu pun akan semakin keras bekerja. Puncaknya, minus di matamu semakin bertambah deh.
  • Binge-watching membuat metabolisme tubuhmu tidak stabil. Bagaimana tidak? Kamu berdiam diri dalam waktu yang lama, jarang bergerak kecuali ketika ingin berubah posisi atau ingin ke toilet, dan juga tidak terkena matahari. Tubuhmu akan kebingungan dengan kegiatan ini, guys! Pasalnya, kamu minim gerak dan tidak mengeluarkan keringat. Bagaimana mungkin kamu bisa berekskresi dengan baik dengan kegiatan ini?

Itu dia tiga dampak negatif dari binge-watching yang bisa kamu derita. Benar-benar tidak sehat kan? Nah, daripada kamu harus mengalami masalah kesehatan akibat melakukan hal ini, lebih baik kamu mencoba beralih ke kegiatan lainnya. Misalnya menginstal dan mengotak-atik aplikasi bisnis di Iphone, untuk membantumu menjalankan bisnis, atau kamu juga bisa membaca buku favoritmu. (Tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *