Dampak Internet untuk Generasi Muda

Siapa yang sekarang tidak kenal dengan kata “internet”. Kebanyakan orang lebih cenderung tahu kata “internet” dibandingkan dengan kata “online”. Ini based on true story, soalnya orang tuaku seperti itu. Hal lain yang pasti kalian tahu seputar internet adalah internet Indonesia yang lemot. Hal ini tentu saja fakta, sayangnya bukan hoax.

tidak tahu onlineNamun dibalik internet Indonesia lemot ini, kita perlu tahu bahwa ada orang-orang yang berjuang untuk memastikan masyarakat Indonesia bisa menikmati kemudahan internet. Siapa saja mereka? mereka adalah Adi Indrayanto, Firman Siregar, Muhammad Ihsan, Onno W. Purbo, Putu, Suryono Adisoemarta, RMS Ibrahim dan Robby Soebiakto. Jika tidak ada mereka, kita kemungkinan tidak bisa menikmati semua kemudahan internet sampai tahun ini.

Jika ditelusuri sejarah internet Indonesia masih terhitung cukup pendek. Jika dihitung dari tahun 2015, maka perkembangan internet Indonesia sudah dimulai 29 tahun yang lalu, dimulai dari tahun 1986. Walaupun umurnya yang terbilang muda, internet di Indonesia memberikan efek/dampak yang sangat besar terutama untuk generasi-generasi muda bangsa Indonesia, seperti:

Kemudahan dalam Mencari Informasi

mimpi lebih luasMendapatkan informasi beasiswa atau pekerjaan semakin mudah dan tidak terbatas. Mimpi kita tidak terbatas. Jika dulu informasi beasiswa dan pekerjaan diluar kota ataupun luar negeri sangatlah susah, sekarang hanya dengan 1 ketikan di komputer atau laptop, kita bisa mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Bahkan kita bisa mendapatkan info lengkap mengenai persyaratkan. Selain untuk mencari informasi beasiswa dan pekerjaan, internet membantu kita mencari dan update akan informasi yang berguna untuk pekerjaan atau sekolah.

Terhubung Di Mana saja dan Kapan Saja

Bagi kita yang kuliah atau kerja jauh dari orang tua, kerabat, teman atau pacar; internet menyediakan solusi untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang kita kasihi. Dengan internet, kita bisa menggunakan sistem Line, Skype, Yahoo chat, Gtalk atau Facebook chat untuk terus terhubung. Jika tidak ingin ngobrol, kita bisa mengirim email menggunakan service Gmail atau Yahoo mail. Kabar baiknya, semua service ini gratis dan kita hanya perlu tablet, mobile, laptop atau komputer yang terhubung dengan internet untuk menggunakannya.

Sama seperti gosip yang memiliki dampak positif, namun juga negatif, begitu juga dengan internet. Dampak besar Internet juga memiliki dampak negatif yang tidak bisa dipungkiri, karena itu pergunakanlah internet dengan bijak dan ingatlah bahwa hidup tidak hanya di dunia online. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *