Daftar Makanan yang Membuatmu Tertidur Lebih Nyenyak

makanan sehat

source: kayamanfaat

Susah tidur merupakan masalah yang bisa dialami oleh siapa saja, termasuk untuk ibu hamil. Banyak hal yang dilakukan untuk memperbaiki masalah tidur ini mulai dari rajin olahraga hingga minum obat tidur. Namun demikian, untuk ibu yang sedang hamil dan memiliki menu makanan sehat untuk ibu hamil, obat tidur sama sekali tidak boleh dikonsumsi. Nah, jangan sedih dulu. Kamu bisa lho memperbaiki waktu tidur dengan memakan makanan berikut ini. Menurut Dr. Michael Breus, seorang sleep specialist, ini dia daftar makanan yang bisa membantumu tertidur lebih nyenyak:

Daging

Daging mengandung tryptophan, sebuah zat yang membantu proses pembuatan melatonin secara natural. Melatonin merupakan sebuah hormon yang membantu membuatmu tidur nyenyak di malam hari. Daging juga mengandung vitamin B3 dan iron yang mampu membantu melepaskan stres.

Tuna dan Salmon

Ikan seperti tuna merupakan sumber omega 3 terbaik yang membantu memperbaiki siklus tidurmu. Sementara itu, Salmon merupakan bahan makanan yang terbaik untuk dijadikan pilihan sebagai menu dinner jika kamu ingin tidur dengan nyaman di malam hari.

Labu

Labu mengandung kalsium, magnesium, dan juga omega 3 yang dapat membuat siapa pun yang memakannya tertidur dengan nyenyak.

Asparagus

Meski jarang digunakan sebagai bahan makanan, sesungguhnya asparagus merupakan side dish yang ideal untuk makan malam, lho. Kandungan vitamin B, kalsium, dan juga magnesiumnya sangat cocok untuk memperbaiki kondisi tidur setiap malam.

Rumput laut

Suka makan rumput laut? Good for you. Rumput laut merupakan sumber tryptophan yang cukup mumpuni dan bisa membantumu tertidur nyenyak di malam hari. Jadikan rumput laut sebagai snack atau bahan campuran untuk makan malam secara konsisten, ya.

Alpukat

Ternyata, memakan avocado toast saat sarapan atau meminum jus alpukat ketika makan siang bisa membuatmu tidur nyenyak di malam harinya. Alpukat mengandung vitamin B yang tinggi dan bisa membantumu memperbaiki waktu tidur setiap hari.

Sayur berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam atau bokchoy mengandung magnesium dan juga vitamin B yang membantu memancing rasa kantuk di malam hari. Tidak hanya itu, sayur mayur ini juga sangat baik untuk tubuh. Jadikan sebagai sup atau salad agar tidak bosan memakannya setiap hari.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almonds dan walnuts ternyata bisa memperbaiki masalah tidurmu di malam hari. Almonds mengandung omega 3, vitamin B, magnesium, dan kalsium sementara walnuts mengandung tryptophan, kalsium, magnesium, dan selenium. Keduanya baik dikonsumsi dan dijadikan sebagai camilan.

Oats dan greek yogurt

Untuk sarapan di pagi hari, disarankan untuk mengonsumsi oats dan juga greek yogurt. Perpaduan antara keduanya membuat perutmu tetap kenyang dalam waktu yang cukup lama. Tidak hanya itu, oats mengandung copper yang bisa membuatmu tertidur lebih nyenyak dalam waktu yang panjang sementara greek yogurt mengandung tryptophan yang memproduksi lebih banyak melatonin.

Semoga membantu, ya! Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *