Daftar Makanan Sehat yang Bagus untuk Ibu Menyusui

ibu menyusui
image source: MomJunction

Selain rutin meminum susu ibu menyusui, pada saat menyusui baiknya Ibu tidak lupa untuk mengonsumsi makanan sehat. Apakah ini penting? Tentu, sangat penting dikonsumsi oleh ibu menyusui. Sebab, kandungan nutrisi yang terdapat dalam makanan sehat ini, dapat membantu tumbuh kembang bayi. Bahkan, tingginya zat gizi pada makanan sehat tersebut bisa memperlancar ASI, sehingga bayi pun tidak akan kekurangan asupan air susu ibu ketika menyusui. Tidak hanya itu, Ibu pun membutuhkan energi berlebih untuk menyusui buah hati, terutama jika Ibu memiliki bayi kembar dan merawatnya tanpa baby sitter.

Untuk jenis makanannya sendiri bisa dibilang sangat gampang, karena dengan mudahnya bisa Ibu beli melalui pasar swalayan maupun pasar tradisional. So, apa aja nih makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui? Simak langsung daftarnya disini;

  • Keju. Apakah keju benar bisa dimakan oleh ibu menyusui, mengingat keju mengandung lemak jenuh cukup tinggi dimana dapat mengganggu kesehatan Ibu maupun bayi yang disusui? Jangan salah Bu, jika Ibu mengonsumsi keju yang sudah dipasteurisasi maka dapat menumbuhkan tulang dan gigi bayi dengan sangat baik. Alasannya, karena keju menyimpan kandungan kalsium yang mana nutrisi ini berperan penting untuk membantu pertumbuhan gigi maupun tulang.
  • Bayam. Rajin mengonsumsi bayam setiap harinya, ternyata dapat meningkatkan kemampuan kognitif bayi, ini disebabkan karena dalam bayam terkandung asam folat yang sangat tinggi. Selain itu, bayam pun mengandung senyawa zat besi yang bisa menghindari Ibu diserang oleh penyakit darah rendah, yang mana kondisi ini berisiko mengurangi asupan air susu.
  • Daging sapi. Ibu tentu suka dengan daging sapi? Nah, selama periode menyusui, konsumsilah daging sapi ini secara rutin setiap harinya. Hal ini karena dalam daging sapi tersimpan kandungan zat besi yang dapat mencegah Ibu terserang penyakit Anemia. Umumnya, bagi ibu menyusui yang sudah diserang sakit Anemia ini bisa menyebabkan asupan air susu menjadi berkurang sehingga akan langsung berdampak pada bayi. Untuk itu, cegahlah dengan cara konsumsi daging sapi ini.
  • Alpukat. Alpukat pun sangat bagus bila Ibu konsumsi ketika menyusui. Sebab, alpukat mengandung lemak baik yang bermanfaat untuk membuat bayi kenyang. Di samping itu, alpukat juga menyimpan asam folat yang dapat mencerdaskan bayi.

Itulah daftar makanan yang bagus Ibu konsumsi ketika menyusui agar bayi tetap sehat. Semoga bermanfaat! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *