Colocation, Dedicated Server dan VPS

Bisnis Colocation indonesia sudah semakin banyak saat ini. Pada umumnya layanan yang ditawarkan perusahaan Colocation Indonesia untuk saat ini colocation server, dedicated server dan VPS. Ke-3 layanan ini memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai tempat penyimpanan server dengan sistem yang berbeda.

Perbedaan Colocation Server, Dedicated Server dan VPS

Colocation Server dari Colocation Indonesia

colocation indonesiaColocation merupakan layanan dimana kita bisa menaruh sever kita sendiri di suatu tempat yang menawarkan jasa colocation. Jadi bisa diartikan kita hanya menyewa tempat untuk menaruh server. Dan tempat tersebut akan menyediakan listrik dan bandwidth agar server kita bisa berkerja / online.

Manajemen server diserahkan sepenuhkan kepada kita sendiri alias unmanaged colo. Jika kita ingin menggunakan menggunakan jasa manajemen server yang ditawarkan oleh tempat jasa colocation, kita harus membayarnya dan harus  Cerdas Penggunaan Colocation Indonesia.

Dedicated Server dari Colocation Indonesia

Dedicated server seperti namanya berarti berdedikasi. Dedikasi dalam hal ini adalah dedikasi server berarti yang kita sewa bukan hanya tempat saja namun juga servernya. Dalam jasa ini, tempat pemberi sewa sudah menyediahkan listrik dan bandwith agar sever bisa berkerja / online.

Untuk manajemen servernya sama dengan colocation server dimana manajemen sepenuhnya diserahkan kepada kita (unmanaged colo). Bila ingin menggunakan jasa managed colo, kita perlu membayar sesuai harga yang telah ditentukan.

Salah satu keuntungan dalam menggunakan dedicated sever yang membedakannya dengan colocation server adalah garansi hardware server. Jadi ketika hardware server seperti power supply atau harddisk mengalami kerusakan maka tempat penyewaan yang akan bertanggung jawab penuh akan kerusakan tersebut dan menggantinya.  Sedangkan untuk colocation server, kita perlu membeli hardware server baru sendiri dan mengirimkannya agar hardware server yang rusak bisa diganti.

VPS dari Colocation Indonesia

VPS merupakan kependekan dari Virtual Private Server. Dengan memilih VPS, kita menyewa server jenis virtual. Server jenis virtual berarti server tidak berupa fisik seperti dedicated server. Harganya ekonomis sehingga banyak orang yang memilihnya walaupun kemampuannya memang dibawah dedicated server.

Untuk manajemen servernya diserahkan sepenuhnya kepada kita selaku penyewa. Jika seadainya kita ingin menggunakan jasa managed VPS sama seperti jasa server lainnya ,kita perlu mengeluarkan uang lebih untuk membayar biaya tambahan yang sudah ditentukan.

Semoga artikel informasi layanan colocation Indonesia : Colocation, Dedicated Server dan VPS ini dapat membantu. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *