Cokelat Identik Dengan Valentine

Dua hari lagi valentine. Mendengar kata Valentine, berarti cokelat. Untuk menyambut hari kasih sayang ini, berbagai supermarket Indonesia sudah menambah stok cokelat dan kartu ucapan valentine yang bisa dipilij. Pernah bepikir kenapa hari valentine identik dengan cokelat? Boleh dibilang pemberian cokelat dari wanita kepada pria dimulai di negara Jepang. Tradisi pemberian cokelat ini pertama kali digunakan sebagai cara marketing oleh sebuah perusahaan cokelat Jepang. Tradisi ini lama kelamaan pun diikuti oleh negara-negara lainnya.

Istilah Cokelat Valentine

Dalam pemberian cokelat ini, ada 3 istilah yang digunakan di negara Jepang yaitu:

  • valentineHonmei –Choco > Honmei berarti ‘prospective winner’ atau calon pemenang. Honmei cokelat ini diberikan kepada cowok / pria yang disukai. Daripada membeli cokelat jadi di supermarket Indonesia, banyak cewek lebih memilih membeli bahan dasar pembuatan cokelat agar bisa membuat cokelat khusus untuk pujaan hati. Produk handmade tentu nilainya lebih tinggi dibandingkan dengan produk jadi yang sudah ada di supermarket.
  • Giri-Choco > Giri berarti ‘kewajiban’ sehingga bisa dibilang Giri-choco adalah cokelat yang diberikan wanita kepada seorang cowok / pria karena adanya kewajiban. Biasanya Giri-choco ini diberikan kepada bos cowok, teman kerja cowok, teman sekolah cowok atau saudara. Cokelat yang diberikan bisa berupa buatan tangan ataupun cokelat yang diberi di supermarket Indonesia.
  • Tomo-Choco > Selain memberikannya kepada cowok, sesama cewek / wanita  juga bisa saling bertukar cokelat valentine. Nama julukan untuk cokelat tersebut adalah Tomo-Choco. Tomo dalam bahasa Indonesia berarti teman. Pertukaran ini dilakukan pada hari valentine.

Selain cokelat, hadiah valentine lain yang diberikan seorang wanita kepada pria adalah masakan sendiri atau biskuit. Di Indonesia, tidak hanya wanita yang memberi pas hari valentine tetapi juga pria. Hadiah khusus valentine yang biasa diberikan oleh pria untuk wanita pada umumnya selain cokelat dan adalah parfum, cokelat dan kartu ucapan valentine.

Kelanjutan Valentine

Di Jepang setelah cewek / wanita memberikan cokelat kepada cowok / pria, saatnya menunggu balasan dari Pria pada White Day (14 Maret). Sedangkan di Indonesia, pria memberikan kado balasannya pada hari yang sama ketika wanita memberikanya kado yaitu hari Valentine. Hari memberi balasan hadiah ini memang berbeda sesuai tradisi masing-masing negara. Bila tradisi pemberian cokelat dicetuskan oleh perusahaan cokelat maka tradisi membalas pemberian cokelat pada White Day dicetuskan oleh perusahaan permen Jepang. Pada hari White Day, pria dapat memberikan marshmallow, permen, Bungan atau hadiah yang disukai wanita.

Tradisi pemberian cokelat dan tradisi membalas hadiah cokelat dimulai oleh negara Jepang, maka Black Day (14 April) dimulai oleh negara Korea Selatan. Pada hari Black Day ini, wanita dan pria yang masih jomblo akan berpakaian serba hitam. Mereka kemudian akan berkumpul dengan sesama teman yang masih jomblo untuk mengkonsumsi Jajangmyeon (mie dengan saus kedelai hitam) dan kopi hitam. Jajangmyeon sekarang sudah bisa ditemukan di supermarket Indonesia.

Semoga artikel Cokelat Identik Dengan Valentine ini dapat berguna untuk Anda. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *