Cloud, Solusi Sukses Penerapan IoT

Bisnis cloud computing di Indonesia makin bergerak ke depan, bahkan kini sudah banyak cloud provider Indonesia yang justru berasal dari perusahaan-perusahaan telekomunikasi baik lokal maupun internasional.  Peningkatan dikarenakan banyaknya perangkat yang terkoneksi ke internet terus bertambah, bahkan menurut data Juniper Research bahwa pada tahun 2020 nanti akan terdapat 38,5 milyar perangkat. Kata lainnya akan terjadi kenaikan sebanyak 285% jika dibandingkan dengan tahun 2015 sekarang.

Hal yang menjadi faktor pendorong berkembangnya trend Internet of Things (IoT) diluncurkannya microchip controller yang diproduksi oleh Arduino pada tahun lalu. Controller ini membuat kemampuan programming  dan juga konektivitas bisa dengan mudah diaplikasikan pada berbagai perangkat dan biayanya lebih terjangkau. Akan tetapi penggunaan micro controller ini bisa meng-enable IoT ?

cloud amazon web serviceMenurut salah satu expert dalam bidang ini, Markku Lepisto yang merupakan Principal Technology Evangelist Amazon Web Service,perangkat micro chip produksi Arduino, Raspberry Pi, Spark atau juga Particle sangat praktis untuk mengkoneksikan dan juga mengontrol setiap perangkat IoT. Setiap penyedia layanan IoT  harus bisa mengelola ribuan bahkan jutaan perangkat yang ada digunakan.  Jutaan perangkat tersebut ini akan pasti menghasilkan data dalam jumlah yang sangat besar.

Cloud Jadi Otak IoT

Nah, cloud  computing bisa jadi solusi untuk bisa menyuseskan layanan IoT, mengapa ? Alasannya cukup sederhana, cloud mampu memberikan skalabilitas dengan media penyimpanan yang tidak terbatas untuk bisa menampung semua akses dan data pengguna.  Salah satu cloud computing provider yang mampu memberikan layanan ini adalah Amazon Web Service dengan lebih 50 lebih total pelayanan cloud untuk berbagai kebutuhan yang salah satunya untuk kebutuhan IoT ini. Amazon Web Service ini bisa dikatakan sebagai salah satu cloud computing karena telah memenuhi kriteria yang harus dimiliki oleh cloud computing.

Amazon Web Service memberikan pelayanan berupa Amazon S3 sebagai media penyimpanan data, Amazon Dynamo DB yang akan memenuhi kebutuhan yang berhubungan dengan data base.  Selain itu ada juga Amazon Kinesis khusus untuk data streaming secara real time. Selain itu, layanan cloud dari Amazon  Web Service menyediakan software development kit (SDK) yang khusus untuk kebutuhan perangkat IoT dan terkoneksi langsung dan cepat.

Akankah semua cloud provider di Indonesia bisa menyediakan layanan seperti Amazon Web Service ini ? Wah, jika bisa maka semua perangkat yang ada bisa dengan mudah terkoneksi dengan internet secara mudah dan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *