Check List Perlengkapan Bayi Anda

Perlengkapan bayi harus dipersiapkan mendekati tanggal kelahiran sang buah hati. Setidaknya perlengkapan dasar bayi sudah tersimpan rapi di kamar.  Perlengkapan bayi apa saja yang perlu dipersiapkan oleh para calon orang tua? Bisa dibilang cukup banyak. Agar tidak kelupaan sangat disarankan untuk membuat sebuah check list perlengkapan bayi.

Check List Perlengkapan Bayi

Berikut ini beberapa check list perlengkapan bayi yang perlu dipersiapkan :

Popok

Popok adalah perlengkapan bayi yang paling penting dan pertama. Bayi di bawah umur 5 bulan biasanya membutuhkan 10 – 12 popok per hari. Semakin besar bayi, semakin berkurang popok yang digunakan biasanya 6 – 8 popok per hari. Ingat popok yang digunakan harus kering sehingga diperlukan stok yang lumayan banyak. Pada awalnya sediahkanlah setidaknya 2 pak popok sekali pakai. Jangan beli banyak dulu takutnya kulit bayi tidak cocok dengan merek popok sekali pakai yang digunakan. Bila cocok langsung stock untuk persediaan seminggu. Sebelum popok habis, stok baru sudah harus tersedia.

Untuk mengurangi pengeluaran, tidak ada salahnya menambahkan popok kain. Dengan menggunakan popok kain dan popok sekali pakai bergantian, pengeluaran untuk membeli popok sekali pakai tidak akan terlalu gede. Lagi pula popok kain lebih ramah lingkungan karena bisa dicuci dan digunakan kembali ketika sudah kering. Perlu diingat bahwa harga popok kain memang lebih mahal namun seterusnya bunda tidak perlu membeli popok lagi. Cuma perlu rajin nyuci saja.

Kain Pengelap

check list perlengkapan bayiKain pengelap ini akan digunakan untuk mengelap bayi terutama setelah dia pipis atau pup. Sangat disarankan untuk meminimalis menggunakan tisu basah merek apapun untuk mengurangi setuhan kimiwia pada tubuh bayi.

Ganti tisu basah dengan 2-3 helai kain lembut yang mudah dicuci. Setiap bayi baru selesai pipis atau pup, kita bisa mengcelupkan sehelai kain lembut ke air hangat; peras hingga kering lalu digunakan untuk mengelap bayi.

Bila ada pup yang masih tertempel di badan bayi, gunakan ujung popok sekali pakai atau popok kain untuk membersihkannya. Bila belum bisa bersih juga, gunakan tisu kering biasa untuk membersihkannya. Barulah gunakan kain yang sudah dicelup ke air hangat dan diperas untuk membersihkannya tubuh bayi.

Pakaian Bayi

  • perlengkapan bayiPersiapkan 6-8 helai baju tidur. Baju tidur yang disarankan adalah baju tidur yang memudahkan pergantian popok. Pastikan bahan baju tidur yang dipilih memang nyaman dan aman. Tipe baju tidur kimono sangat cocok karena memudahkan pergantian popok. Tipe baju tidur kimono bisa digunakan untuk bayi yang baru lahir hingga berumur 5 bulan. Dari 8 helai baju tidur setidaknya 4-nya adalah baju tidur tipe kimono agar tidak ribet pas orang tua harus mengganti popok pas malam hari. Pada awalnya bayi yang baru lahir sampai berumur 5 bulan akan banyak menghabiskan waktu untuk tidur sehingga bayi akan lebih banyak menggenakan baju tidur daripada yang lainnya.
  • 3-4 Helai kaos lembut dengan leher yang cukup longgar agar mudah dibuka. Bila berkancing, carilah yang berkancing di depan. Pastikan baju tidak terlalu ketat dan berbahan nyaman untuk kulit bayi. Bahan pakaian yang disarankan adalah bahan kain katun karena bahan ini mudah menyerap kelingat.
  • 2-3 pasang sarung tangan dan kaos kaki dari kain yang digunakan ketika cuaca makin dingin.
  • Satu topi untuk mencegah udara dingin dan sinar matahari langsung mengenai kepala bayi
  • 2 helai handuk yang digunakan untuk mengerikan tubuh bayi

Perlengkapan Mandi

  • Siapkan sebotol sampo khusus untuk bayi. Pada saat nyampoin rambut bayi dan membersihkannya, pastikan tidak ada yang masuk ke mata bayi.
  • Sebotol sabun bayi khusus. Sangat disarankan mencari produk yang berbahan alami.
  • Sebotol baby oil alami untuk menjaga kelembapan kulit bayi.
  • Sisir rambut khusus untuk bayi. Ingat kepala bayi masih dalam proses pengembangnya, jangan menggunakan sisir Anda untuk menyisir rambutnya.
  • Sebotol minyak telon untuk menjaga kehangatan bayi setelah mandi atau saat cuaca dingin.
  • Bak mandi bayi – sebelum menggunakan bak mandi ada baiknya kita membiasakan bayi dengan mengelapnya dengan air hangat untuk 5 bulan pertama sebelum menggunakan bak mandi.

Perlengkapan Bayi Lain

  • Guting kuku untuk mengunting kuku bayi yang terlalu panjang agar dia tidak melukai dirinya sendiri.
  • 1-2 dot bayi karena bayi kecil masih suka menyedot walaupun sebenarnya mereka tidak lapar. Bayi sangat senang menghabiskan beberapa jam hanya untuk menyedot jempol mereka. Agar aman, jangan biarkan mereka menyedot jempol mereka karena kita tidak tahu barapa banyak kuman yang ada disana. Sangat disarankan memberikan dot bayi.
  • 2-3 botol susu ketika bayi sudah bisa mulai mengkonsumsi minuman lain selain asi. Botol susu bisa digunakan untuk air putih, air jus atau air susu.
  • 1-2 selimut bayi agar bisa terus menjaga kehangatan tubuhnya baik ketika dia tidur atau saat kita membawanya keluar.
  • Tempat tidur lengkap dengan bantal dan guling. Sangat disarankan tempat tidur resehan yang bisa digelar di atas tempat tidur Anda atau di lantai.

Semoga check list perlengkapan bayi ini membantu. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *