Cara Mudah Merawat Tanaman

Lahan di belakang rumah biasanya diisi dengan tanaman hias dan juga mebel kayu jati untuk bersantai di kala penat. Ya, keberadaan tanaman ini memang sangat baik untuk menjadi sumber oksigen dan menjadi lahan hijau di rumah sebagai tempat serapan air. Bagi Anda yang sudah mulai menanam di lahan belakang rumah, sebaiknya simak dulu beberapa tips di bawah ini. Siapa tahu, tanaman Anda bisa tumbuh subur dengan tips berikut.

  • merawat tanamanJangan lupa siram tanaman secara teratur. Hal yang paling esensial untuk membuat tanaman subur dan tumbuh dengan baik adalah menyiramnya secara teratur. Hasil dari siraman air akan membawa nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman sehingga membantu pertumbuhan tanaman dengan maksimal.
  • Buat lubang penyaring di bagian dasar pot. Pastikan bahwa pot yang Anda gunakan untuk menanam memiliki lubang di bagian bawahnya. Lubang ini berfungsi untuk membuat air bisa mengalir ke luar ketika Anda tanpa sengaja menyiraminya secara berlebihan. Lubang-lubang ini merupakan drainase sehingga membiarkan air keluar namun tetap menjaga tanah di dalamnya tidak terbawa keluar.
  • Selain membuat lubang di bagian dasar pot, Anda juga bisa memasang spons di permukaan bawah pot untuk menyerap kelebihan air. Jadi, jika Anda lupa untuk menyiram tanaman, spons ini sangat membantu sekali untuk menjadi sumber air.
  • Menambah kopi bubuk di tanah. Ketika mulai bertanam, cobalah untuk mencampur tanah dengan kopi bubuk untuk membantu perkembangan tanaman Anda. Konon, kopi bubuk memiliki khasiat sebagai pengganti kompos sehingga sangat baik untuk menutrisi tanaman.
  • Memberi pupuk selama beberapa hari sekali. Ternyata, tanaman tidak bisa tumbuh dengan baik hanya dengan disiram setiap hari saja, lho. Anda juga harus memberi pupuk agar tanaman bisa ‘makan’ dengan baik. Pilih pupuk yang sesuai dengan tanaman Anda agar tanaman yang Anda tanam bisa tumbuh dengan maksimal.
  • Gunakan biji pohon pinus. Jika Anda kesulitan untuk mendapat tanah di rumah, cobalah untuk menggunakan biji pohon pinus sebagai alternatifnya. Letakan beberapa biji pohon pinus di dasar pot untuk menjadi lapisan tanah dan barulah tutupi dengan tanah. Penggunaan biji pohon pinus ini akan membantu penyerapan air sehingga Anda hanya perlu menggunakan sedikit tanah saja.

Selesai deh, cara mudah merawat taman. Semoga membantu dan selamat bertanam, ya! (Tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *