Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai Agar Tak Cepat Rusak

mobilKondisi jalanan yang macet terkadang membuat orang-orang malas untuk menggunakan kendaraan pribadi karena lebih cepat menggunakan transportasi umum. Akhirnya, banyak mobil pribadi yang menetap di garasi dan jarang digunakan. Selain itu, di Indonesia banyak keluarga yang memiliki lebih dari satu mobil pribadi sehingga mobil lainnya mungkin jarang digunakan. Padahal, jika tidak memiliki asuransi mobil, membiarkan mobil tidak terpakai dalam waktu yang lama bisa membuat kita harus membayar biaya service yang melonjak tinggi karena terdapat berbagai kerusakan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara menjaga kondisi mobil agar tetap baik meski jarang dikendarai.

  • Cek Oli Mesin

Meskipun tidak akan digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, kita tetap harus memeriksa oli mesin. Agar mesin mobil terawat, maka oli mesin mobil harus dalam kondisi penuh. Pastikan juga mobil menggunakan oli yang berkualitas dan tidak tercecer karena kondisi mesin harus bersih jika mobil tidak akan digunakan dalam waktu yang lama.

  • Bahan Bakar

Kita harus mengisi mobil dengan bahan bakar penuh meskipun akan membiarkannya diam di garasi dalam waktu lama. Mengapa? Hal ini dilakukan agar tidak ada ruang udara dalam tangki yang dapat menimbulkan efek kondensasi atau embun saat malam hari yang akan mencair pada saat siang hari. Hal ini dapat menurunkan kualitas bahan bakar dan memengaruhi kondisi mesin. Selain itu, jika tidak terisi penuh, bagian tangki yang tidak terkena bensin bisa menimbulkan karat.

  • Pastikan Kelistrikan Aman

Untuk mencegah aki rusak atau kehilangan daya, lepaslah kabel aki atau kepala aki. Namun pastika kita mencabutnya dengan tepat. Lepaslah kabel negatif terlebih dahulu baru kemudian cabut kabel positif pada aki, dan lakukan hal sebaliknya ketika ingin memasang kembali.

  • Jangan Gunakan Rem Tangan

Menggunakan rem tangan terlalu lama bisa membuat kampas lengket dan per dari rem berkurang elastisitasnya. Jika terpaksa harus parkir di tempat yang tidak datar, maka sebaiknya ganjal ban dengan batu dan jangan menggunakan rem tangan.

  • Jaga Kebersihan

Meskipun jarang dipakai, tetaplah jaga kebersihan dari mobil untuk menghindari kotoran yang membandel dan korosi. Pelajari juga langkah mudah mencuci mobil dengan benar. Bersihkan juga bagian interiornya agar selalu segar. Agar tidak cepat kotor, sebaiknya mobil ditutup dengan penutup khusus.

Semoga bermanfaat! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *