Cara Menurunkan Berat Badan – Kurangi Buah

Berbagai cara menurunkan berat badan dilakukan agar mendapatkan  berat badan ideal. Salah satu cara yang paling banyak dilakukan adalah menganti makanan dengan buah. Dengan memperbanyak konsumsi buah dan mengurangi konsumsi nasi, dipercaya berat badan tubuh akan cepat menyusut. Namun apakah cara ini memang baik dan sehat untuk tubuh kita?

Konsumsi Buah Kebanyakan Tidak Sehat

buah tidak sehatMenurut dr. Titi Sekarindah, MS, SpGK, seorang pakar gizi rumah sakit Pusat Pertamina, orang – orang yang terlalu fokus untuk kurus dengan cara memperbanyak konsumsi buah telah salah mempraktektan sistem diet sehat. Beliau mengingatkan lagi bahwa buah mengandung gula. Dengan memperbanyak konsumsi buah berarti meningkatkan asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Jadi secara tidak langsung kita sudah menaikan kadar gula di dalam tubuh.

Gula merupakan salah satu faktor pemicu kegemukan. Kadar gula yang terlalu banyak memaksa tubuh untuk mengubah gula menjadi lemak dan menyimpannya sebagai sumber energi cadangan. Semakin banyak gula yang dikonsumsi berarti kita semakin gemuk. Tidak hanya gemuk, kadar gula yang terlalu tinggi bisa menyebabkan diabetes.

Daripada hanya memperbanyak konsumsi buah, menurut dr. Titi lebih baik memperhatikan keseimbangan gizi yang diasup. Ingat, tubuh membutuhkan berbagai vitamin dan mineral agar tetap sehat dan dapat berfugsi seperti mestinya. Kesehatan tubuh tergantung dengan pola hidup dan pola makan yang kita jalani.

Walaupun konsumsi buah kebanyakan berujung gemuk tidak berarti buah dilarang. Perlu diingat bahwa tubuh juga membutuhkan asupan buah jadi tidak ada yang melarang kita makan buah. Hanya saja jangan over. Ingat, hal yang over sangat jarang berdampak baik untuk orang lain dan diri kita sendiri.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Sehat

Berikut ini beberapa tahap cara menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat

  • cara menurunkan berat badanIkuti saran WHO (World Health Organization) yaitu konsumsi maksimal 3 butir buah per hari. Bila buah dalam ukuran besar seperti durian, pear korea, cempedak, semangka, nanas dan lainnya, disarankan maksimal 1.
  • Untuk menurunkan berat badan, cukup menambakan asupan sayur. Sayur tidak mengandung gula sebanyak buah dan makanan manis jadi tidak perlu takut kegemukan.
  • ikuti cara menurunkan berat badan ala Jepang, kenapa harus Jepang? karena cara menurunkan berat badan yang mereka gunakan dianggap sehat dan mempertimbangkan keseimbangan gizi yang dibutuhkan tubuh.
  • Ganti nasi dengan makanan karbohidrat kompleks seperti biji gandum dan beras merah. Biji gandum dan beras merah mengandung gula yang sedikit namun serat dan mineral yang dikandungnya banyak sehingga baik untuk tubuh.
  • Lakukanlah olahraga secara rutin. Olahraga ringan seperti sepeda, jogging juga tidak apa-apa asalkan dilakukan secara rutin. Olahraga ini akan membantu proses pembarakan lemak yang disimpan oleh tubuh.
  • Kurangi cemilan manis yang terbuat dari gula jagung, tebu atau pemanis buatan lainnya.
  • Perbanyakn konsumsi air putih. Ingat air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Semoga cara menurunkan berat badan – kurangi buah ini dapat membantu. Ingat, lakukan secara rutin. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *