Cara Menghitung Pembiayaan Pernikahan Hemat

pernikahanBanyak pasangan yang memutuskan untuk menikah muda, tapi tak sedikit juga yang menunda untuk bisa mengumpulkan modal menikah sendiri tanpa harus membebani orang tua. Untuk merencanakan pernikahan, anda sudah harus merinci perkiraan pembiayaan. Pertama anda harus merencanakan dnegan matang dimana anda akan menikah agar anda bsia tahu berapa harga satuan setiap kelengkapan yang harus anda penuhi untuk menyelenggarakan acara pernikahan.

Berikut contoh rincian yang harus anda prioritaskan untuk mendapatkan biaya pernikahan yang hemat:

  • Manfaatkan rumah sebagai tempat resepsi pernikahan: Di dalam pesta pernikahan, biaya sewa gedung adalah salah satu komponen biaya yang paling besar, jadi Anda harus menghilangkannya dari pos pengeluaran. Tidak perlu memaksakan diri untuk menggelar pesta di gedung yang sewanya bisa saja mencapai belasan hingga puluhan juta, sebab ini akan menghabiskan lebih dari setengah dana yang Anda miliki
  • Seleksi dalam memilih tamu undangan hanya yang paling dekat dengan anda saja: Undanglah hanya keluarga serta kerabat dekat saja, ditambah dengan teman dekat serta kolega Anda dan pasangan. Pilih dan tentukan tamu undangan ini secara selektif, jika perlu, libatkan juga orangtua ketika mempertimbangkannya.
  • Atur dekorasi agar terlihat elegan dan minimalis untuk menekan harga: Alokasikan juga dana untuk kebutuhan dekorasi, agar pesta berkesan dan terlihat elegan. Atur sendiri dekorasi pesta, termasuk berbagai pernak-pernik serta bunga yag ingin digunakan nantinya. Ini akan jauh lebih hemat, daripada menggunakan jasa dekorasi dari pihak lain.
  • Sewa baju pengantin: Tidak perlu membeli baju pengantin yang harganya berjuta-juta, sebab pakaian ini bahkan hanya digunakan satu kali saja. Sewa baju pengantin tersebut, termasuk untuk pagar ayu dan keluarga lainnya (jika perlu).

Itulah hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi atau menekan harga pernikahan. Jika anda memang ingin pernikahan yang megah namun uang anda tidak cukup, anda bisa kok mencari pinjaman uang cepat atau dengan cara gadai BPKB motor anda. Tapi akan lebih baik jika anda membuat acara pernikahan semampu anda saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *