Cara Membersihkan Mesin Pemanggang Waffle

membuat waffleSalah satu produk yang bisa kita temukan di toko perkakas adalah mesin pemanggang waffle, salah satu perkakas dapur yang sangat berguna. Dengan adanya mesin pemanggang waffle, kita bisa dengan mudah membuat kue waffle yang notabene disukai anak-anak. Dengan membuat waffle sendiri, kita bisa memastikan bahan yang digunakan memang bahan yang terbaik dan komposisinya lebih sehat serta bersih bagi anak-anak dibandingkan membeli waffle di luar.

Setelah selesai menyiapkan waffle lezat untuk anak-anak, kita segera menghadapai 1 masalah yang berat yaitu gimana cara membersihakan mesin pemanggang waffle? Bingung? jangan khawatir karena di sinilah kamu bisa menemukan jawaban untuk masalahmu. Namun sebelum masuk tahap membersihkan mesin pemanggang waffle, kita perlu tahu hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama membersihkan mesin pemanggang waffle seperti:

  • Jangan pernah membersihkan mesin pemanggang waffle ketika masih panas. Pastinya tidak ada satupun dari kita yang ingin tangan melepuh saat membersihkanya. Biarkan dia dingin dulu sebelum membersihkannya.
  • Jangan memasukan seluruh badan mesin ke dalam air. Beberapa mesin pemanggang waffle menggunakan sumber energi listrik yang berarti mesin pemanggang kita memiliki banyak kabel di dalamnya. Sekali kecemplung, bisa langsung lem biru.
  • Jangan menggunakan benda tajam seperti pisau atau sabuk baja karena bisa merusak permukaan pemanggang.

Setelah tahu dan mengerti 3 larangan di atas, saatnya kita masuk ke cara membersihkan mesin pemanggang waffle. Untuk membersihkan mesin ini, sumber pertama yang harusnya kita cek adalah buku manual yang disertakan bersamanya. Baru kemudian mencari sumber ke-2 seperti artikel ini.

Di dalam artikel ini, cara membersihnya mesin pemanggang waffle terbagi menjadi dua yaitu

Tahap Pertama: Membersihkan Bagian Dalam / Bagian Manggang Waffle

  • Menghilangkan adonan yang masih menempel dengan sikat gigi yang lembut atau spatula karet
  • Jika ada adonan yang sudah keras dan susah dibersihkan, gimana? Tuangkan minyak sayur pada kotoran adonan yang membandel lalu masak 2-3 menit hingga adonan melunak dan mudah dibersihkan. Setelah adonan melunak, bersihkan dengan kertas tisu.
  • Gunakan kertas tisu yang dicelupkan ke air sabun untuk membersihkan semua permukaan.
  • Ambil handuk / kertas tisu yang dicelupkan ke air bersih untuk membersihakn bekas sabun. Lakukan ini beberapa kali untuk memastikan sabun hilang.
  • Gunakan handuk / kertas tisu kering untuk mengelap setelah bagian pemanggang. Setelah memastikan bagian dalam sudah kering dan bersih, saatnya masuk ke tahap ke-2.

Jika lempengan pemanggang bisa dilepas, lepas dan cuci agar mendapatkan hasil yang lebih bersih.

lepaskan lempengan pemanggang

Tahap ke-2:  Membersihkan Bagian Luar

Gunakan handuk/ kertas tisu basah untuk mengelap seluruh bagian di luar. Jika berminyak gunakan celupan air sabun, lap basah untuk menghilangkan sabun kemudian lap kering.

Pastikan seluruh bagian mesin pemanggang waffle telah kering saat kita menyimpangkan kembali ke lemari. Ternyata tidak sulit ya untuk membersihkannya. Setelah tahu cara dan bisa membersihkan mesin pemanggang waffle, kita bisa naik level berikutnya yaitu merawat vacuum cleaner agar tidak cepat rusak. Do you accept the challenge? –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *