Cara Memanfaatkan Kunyit untuk Mengatasi Maag

kunyit

image source: Hello Sehat

Maag merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia, mulai dari kalangan muda hingga tua. Gaya hidup yang kurang sehat dan pola makan yang tidak teratur merupakan alasan utama mengapa banyak orang yang menderita maag. Berbagai cara mengobati maag pun kerap dicari, salah satunya dengan memanfaatkan bahan alami. Nah, salah satu bahan alami yang terkenal ampuh untuk mengatasi maag yaitu kunyit. Apakah Anda sudah tahu cara memanfaatkan tanaman herbal yang satu ini? Kalau belum, baca artikel ini sampai habis ya!

Manfaat Kunyit

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengolah kunyit untuk meredakan asam lambung, sebaiknya kita kupas terlebih dahulu soal manfaat kunyit untuk kesehatan. Di dalam kunyit terkandung senyawa kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin (50-60%), monodesmetoksi kurkumin, dan bisdesmitoksi kurkumin.

Dari ketiga kandungan kurkuminoid di atas, kurkumin merupakan komponen yang paling banyak. Kurkumin sendiri merupakan zat aktif yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan dapat melindung sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kurkumin juga dapat memperlambat dampak berbahaya yang disebabkan oleh bakteri pada saluran pencernaan dan meningkatkan musin yang berguna untuk melindungi lapisan mukosa pada lambung. (sc: ahlinyaobatmaag).

Selain kurkumin, kunyit juga mengandung minyak atsiri yang baik untuk pencernaan. Minyak atsiri dapat menurunkan produksi asam lambung berlebihan dan mengurangi gerak peristaltik usus yang terlalu kuat, sehingga bisa juga membantu atasi penyakit maag sebelum menjadi kronis.

Cara Memanfaatkan Kunyit

Ternyata kunyit memang mengandung beberapa senyawa yang dapat meredakan sakit maag. Nah, supaya Anda bisa memanfaatkan kunyit untuk mengatasi maag, coba terapkan beberapa langkah ini.

Cara 1:

  • Sediakan 2-3 ruas kunyit.
  • Cuci kunyit sampai bersih.
  • Kupas kulit bagian luar hingga bersih.
  • Parut kunyit lalu peras dan konsumsi air perasan kunyit.
  • Lakukan rutin selama dua kali sehari.

Cara 2:

  • Sediakan 2-3 ruas kunyit dan kayu manis (optional).
  • Cuci hingga bersih dan potong-potong.
  • Rebus irisan kunyit bersama kayu manis.
  • Minum air rebusan kunyit untuk meredakan sakit maag.

Nah, itu dia cara mengolah kunyit untuk mengatasi sakit maag, cukup simpel bukan? Selamat mencoba! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *