Cara Memakan Sashimi dengan Wasabi dan Shoyu

salmon sashimiKuliner Jepang memang tidak ada duanya. Tidak heran, setelah melihat liputan makanan tradisional Jepang yang sering tayang di tv kabel, rasanya kamu ingin buru-buru menyantapnya deh. Entah itu sushi, ramen, takoyaki, bahkan sashimi, semuanya terlihat lezat dan menggugah selera. Serunya lagi, di Indonesia sendiri sudah banyak restoran yang secara khusus menjual makanan Jepang sehingga kapan pun kamu ingin memakannya, kamu bisa dengan mudah datang ke sana tanpa harus pergi ke Jepang!

Akan tetapi, terlepas dari maraknya restoran Jepang, ternyata masyarakat Indonesia masih banyak yang belum paham tentang cara makan makanan Jepang ini. Salah satunya adalah sashimi. Selama ini, masyarakat Indonesia menyangka bahwa memakan sashimi atau irisan ikan segar yang mentah ini hanya tinggal dicelupkan di campuran saus yang terbuat dari shoyu (kecap asin Jepang) dan juga wasabi. Padahal, seharusnya shoyu dan wasabi tidak disatukan dalam satu mangkok, lho. Sebab rasa asin dari shoyu bisa menghancurkan cita rasa dan aroma wasabi.

Lantas, bagaimana cara makan sashimi yang benar dengan wasabi dan juga shoyu? Berikut langkahnya:

  1. Ambil potongan sashimi yang ingin kamu makan. Usahakan untuk memakan sashimi dari ikan yang berwarna paling segar (terang). Pasalnya, semakin gelap warna ikan, maka rasanya akan semakin kuat. Untuk itu, dengan mengambil ikan dari yang paling terang, kamu akan merasakan transisi rasa yang menambah kenikmatan makan sashimi.
  2. Oleskan wasabi di salah satu sisi sashimi sesuai dengan selera. Mau sedikit atau banyak, semua tidak masalah karena menyangkut preferensi pribadi masing-masing.
  3. Selanjutnya, barulah cocolkan shoyu di sisi lain yang tidak terkena wasabi.
  4. Jika sudah, sashimi siap dimakan!

Cara makan ini, menurut para chef dan juga ahli kuliner, akan membuat sashimi terasa lebih kuat dan nikmat karena shoyu dan wasabi memberikan kesan tersendiri pada potongan sashimi. Rasa yang lahir tentunya akan berbeda dengan ketika kamu memakan sashimi dengan shoyu dan wasabi yang dicampur dalam satu mangkok. Rasa pedas dan juga asin akan membuat sashimi segarmu terasa lebih lezat.

Mau coba cara makan ini? Yuk, cari restoran Jepang terdekat dan makan sashimi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *