Buah yang Perlu Dihindari Ibu Hamil

Sekarang, banyak wanita yang ingin menikah pada usia muda dan mereka siap memikul tanggung jawab sebagai seorang istri dan ibu. Bagi para wanita muda yang memiliki tingkat kesuburan tinggi, tentu kehamilan akan sangat cepat terjadi. Menjaga kehamilan muda tidaklah gampang terutama ketika kehamilan ini adalah kehamilan pertama ibu.

Untuk menjaga kehamilan muda, ibu perlu tahu bahwa ada 4 jenis buah yang perlu dihindari. Kenapa? Bukannya buah bagus untuk kesehatan ibu dan janin? Ya, buah memang salah satu makanan sehat untuk perkembangan janin dan tubuh ibu karena mengandung berbagai mineral dan vitamin, namun 4 buah ini memilih dampak yang buruk bagi ibu dan janin pada masa kehamilan. Berikut nama ke-4 buah ini:

Anggur

buah anggurBolehkah ibu mengkonsumsi anggur selama kehamilan? Jawabangnya TIDAK. Secara medik, anggur sangat disarankan untuk dihindari terutama pada akhir trimester karena buah ini bersifat panas. Bahkan anggur yang dikeringkan (rasin) juga dilabel sebagai makanan yang tidak boleh dikonsumsi pada masa kehamilan.

Konsumsi anggur yang banyak bisa menyebabkan mual dan muntah dikarenakan panas pada bagian perut untuk waktu yang cukup lama.  Selain itu, konsumsi anggur bisa menyebabkan diare. Diare bisa membuat ibu dan janin kekurangan cairan sehingga muncul keluhan-keluhan lainnya.

Durian

durianSi raja buah ini mengandung banyak mineral dan vitamin. Namun sayangnya, buah ini bisa berdampak buruk pada ibu hamil karena sifatnya yang panas dan mengandung alkohol. Kombinasi yang perlu dihindari ibu hamil.  Selain itu, buah durian mengandung asam arachidonat yang memicu prostaglandin yang dapat merangsang kontraksi rahim lebih dini. Jika bayi tidak kuat, hal ini akan berakibat kegugura atau lahir secara premature.

Pepaya Mentah / setengah matang

pepaya mentahPepaya matang memang baik untuk ibu hamil, sangat berbeda dengan pepaya mentah / setengah matang. Pepaya mentah / setengah matang mengandung banyak getah. Konsumsi pepaya mentah / setengah matang bisa menyebabkan kontraksi pada rahim untuk mempercepat kelahiran. Jika bayi ternyata tidak kuat, hal ini akan memicu keguguran sehingga dibeberapa negara asia menggunakan sebagai cara mengugurkan kandungan.

Nanas

nanasPasti sudah banyak yang tahu bahwa nanas sering digunakan sebagai cara mengugurkan kandungan selain pepaya mentah di beberapa negara asia. Hal ini dikarenakan buah nanas mengandung Bromelai yang dapat melunakan leher rahim.

Semoga artikel ini membantu para ibu. Salam –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *