Berwisata Budaya Saat Tahun Baru Imlek

 

Tahun baru Imlek memang merupakan sebuah perayaan yang hanya dirayakan oleh masyarakat Tionghoa. Akan tetapi, untuk kamu yang bukan berasal dari etnis Tionghoa, tidak ada salahnya nih untuk mencoba merasakan momen Imlek dengan cara mendatangi beberapa wisata budaya yang menyuguhkan semua hal tentang Imlek. Selain itu, jika kalian malas mendatangi wisatanya, kalian juga bisa merasakan momen Imlek ini, dengan berbelanja di beberapa situs belanja online yang akan memberikan promo besar-besaran saat Imlek contohnya promo imlek di blanja.com. Ketika kalian membeli sebuah barang di situs ini, maka kalian akan diberikan diskon yang sangat banyak, dan tentunya kalian akan mendapatkan barang yang baru.

promo imlekJadi, wisata budaya apakah yang bisa kalian datangi pada saat tahun baru Imlek? Mari, disimak ulasannya di artikel ini. Selamat menyimak!

Menyantap makanan Yu Sheng

makanan Yu Sheng Yu Sheng menjadi salah satu makanan yang harus ada ketika perayaan Imlek. Sarat akan kekeluargaan dan harapan, Yu Sheng yang sudah menjadi tradisi ini, terbuat dari bahan-bahan yang dicampur menjadi satu seperti ubur-ubur, ikan salmon, kacang tanah, jahe, pangsit, manisan pala, lobak, bawang Bombay, dan sebagainya. Menariknya, memakan Yu Sheng memiliki keunikan tersendiri, dimana awal mulanya kalian harus memeras jeruk nipis di atas ikan salmon bersamaan dengan meminta sesuatu permohonan, lalu beri bumbu China dan minyak wijen. Apabila kalian tertarik untuk menyantap makanan Yu Sheng ini, maka kalian bisa langsung mendatangi restaurant Chinese yang menjual Yu Sheng atau di beberapa hotel berbintang.

Wisata sejarah ke Pecinan

Klenteng Tertua di JakartaSelain menyantap makanan Yu Sheng, kalian juga bisa berwisata sejarah ke Pecinan. Pecinan sendiri tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang menawarkan sejarah masyarakat Tionghoa. Mulai dari, mengunjungi klenteng kuno yang mencerminkan perjuangan warga Tionghoa ketika datang pertama kali di Indonesia, melihat rumah orang kaya Tionghoa, dan sebagainya. Menariknya, saat mendatangi Pecinan ini, kalian bisa menyusuri seorang diri maupun dengan sebuah komunitas seperti Komunitas Jelajah Budaya, yang biasanya diadakan di kota Tua Jakarta.

Menyaksikan pertunjukkan Wayang Potehi

Wayang PotehiJika dilihat sekilas, Wayang Potehi ini mirip dengan tokoh Unyil yang dulu pernah tayang di TV Indonesia. Tetapi, perbedaanya Wayang Petahi dibuat dari kain yang mirip dengan boneka, yang bagian bawahnya dilubangi. Untuk bisa digerakkan, tangan para pewayang pun masuk ke dalam wayang yang sudah dilubangi ini. Biasanya, kisah yang dipertunjukkan kepada para penontonnya yaitu cerita mengenai legenda Tiongkok contohnya Kera Sakti.

Bagaimana nih? Kalian merasa tertarik gak, untuk berwisata budaya pada saat perayaan Imlek? –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *