Bersihkan Rantai Motor Untuk Memperpanjang Usia Rantai

Bagi seorang pengendara motor sejati, pasti sudah mengetahui bahwa ada banyak hal yang harus dilakukan untuk menjaga motornya tetap dalam kondisi prima. Tidak hanya menggunakan oli motor terbaik saja, tetapi juga harus melakukan atau memilih hal yang terbaik untuk komponen lain pada motor. Salah satu hal yang sangat penting namun terkadang diabaikan yaitu, menjaga kebersihan rantai motor.

rantai motorRantai motor berada pada bagian bawah motor dan berada dekat dengan roda motor, sehingga menjadi mudah sekali kotor. Apalagi, jika kita berkendara dalam kondisi jalanan yang basah. Selain itu, pemberian oli cair atau oli gemuk pada rantai motor, membuat kotoran lebih mudah menempel pada bagian ini. Bagi beberapa pengendara motor yang kurang memperhatikan motornya, biasanya membiarkan saja rantai yang kotor dan menganggapnya adalah hal yang wajar. Banyak yang hanya memgutamakan kebersihan body motor mereka ketika mencuci motornya, dan tidak terlalu mempedulikan kebersihan rantai motornya. Padahal, kebersihan rantai ini sangatlah penting karena dapat memperpanjang usia rantai.

Rantai motor yang kotor bisa mempengaruhi performa motor menjadi terasa kurang nyaman dikendarai. Selain itu, bisa juga membuat motor mengeluarkan bunyi yang mengganggu kita ketika berkendara. Jika rantai masih tidak juga dibersihkan, maka akan membuat rantai menjadi mudah kendur, lepas dari gear roda, atau bahkan rantai menjadi mudah putus. Jika rantai pada motor sudah putus, maka kita sendiri lah yang akan kerepotan mendorong motor menuju bengkel terdekat untuk memperbaikinya atau menggantinya dengan rantai yang baru.

Sebenarnya menjaga kebersihan rantai bukanlah hal yang sulit, kita hanya perlu membersihkannya secara rutin dengan air sabun saat kita sedang membersihkan motor. Jika kita mencuci motor di jasa pencucian motor, maka mintalah orang yang membersihkannya untuk membersihkan bagian rantainya juga. Jika kita membersihkan rantai ini secara rutin, maka kotoran yang terdapat pada rantai akan lebih mudah dibersihkan sehingga kita tidak memerlukan tenaga ekstra atau cara yang lebih rumit untuk membersihkannya. Namun, kotoran sudah terlanjur menempel karena tidak pernah dibersihkan, maka kita bisa merendam rantai dengan cairan pembersih (WD-40) agar kotoran, kerak serta kart yang menempel pada rantai dapat terlepas dengan mudah.

Setelah rantai kembali bersih, jangan lupa untuk kembali melumasi rantai dengan oli. Namun, jangan pernah menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai, dan gunakanlah oli dalam jumlah yang wajar. Karena oli yang terlalu banyak bisa membuat oli menetes pada ban dan akan membahayakan pengendara. (Yv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *