Bersihkan Evaporator Air Conditioner Sentral

Air conditioner central atau AC sentral biasanya memiliki 2 bagian yaitu Condenser dan Evaporator. Condenser merupakan peralatan yang biasanya diletakan diluar rumah.  Kebanyakan AC sentral terhubung dengan pengudaraan sistem distribusi rumah. Oleh sebab itu, dalam mendistrubis udara dingin dan panas menggunakan mesin motor, blower dan saluran yang sama. Ketika AC sentral beroperasi, udara panas akan mengalir melalui saluran dan dipindahkan ke blower di Evaporator agar bisa diganti dengan udara dingin. Ketika Air conditioner sentral nyala namun udara tidak dingin, bisa berarti ada masala pada sistem distribusi udaranya.

Condenser dan Evaporator selalu disegel sehingga setiap kali kita akan melakukan perawatan ac, kita harus memanggil jasa pembersih AC. Agar AC tidak perlu selalu memerlukan perawatan dari jasa pembersih ac, ada beberapa cara untuk menjaga sistem operasi Air conditioner sentar bisa menyala dengan baik adalah membersihkan Evaporator-nya.

air conditionerEvaporator merupakan sistem udara yang biasanya terletak di atas tungku di Pleno. Seandanya Pleno hanya dibungkus foil berarti kita bisa membersihkannya. Namun  jika Plenonya dikotakan dengan kotal logam yang disegel berarti kita tidak bisa membersihkannya. Seandanya bisa berikut langkah pembersihan Evaporator Air Conditioner:

  • Tahap pertama adalah lepaskan bungkusan foilnya dari depan Pleno dengan cara melepaskan selotip secara hati-hati. Jangan lupa untuk menganti selotipnya nanti dan pastikan foilnya tidak rusak karena harus ditempel kembali. Kemudian kepas sekrup dan angkat penutupnya.
  • Tahap kedua adalah membersihkan bagian belakang Evaporator dengan menggunakan sikat atau kuas kaku. Cermin saku bisa membantu kita melihat apa yang sedang kita lakukan. Jika Anda tidak dapat mencapai bagian belakang, coba geser Evaporatornya keluar sedikit. Hati-hati! Jangan sampai meneku pipa dan jangan sampai Evaporator-nya jatuh.
  • Tahap ketiga adalah membersihkan penyangga (nampang /tray) di bawah Evaporator. Pada saat cuaca lembab, periksalah saluran pembuangan setiap hari.  Pastikan saluran tidak ada jamur dan tidak tersumbat.
  • Langkah keempat adalah pasang kembali semuanya dan pastikan foilnya serta isolatipnya terpasang dengan baik.
  • Langkah kelima adalah nyalakan Air Conditioner setelah semua terpasang kembali. Ini dilakukan agar kita bisa memeriksa apakah ada kebocoran udara. Bila ada gunakan lakban untuk menambalnya.

Artikel bersihkan Evaporator Air Conditioner Sentral ini bersumber dari beberapa artikel luar negeri. Semoga berguna. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *