Berenang Saat Hamil? Kenapa Gak!

wanita hamil
image source: time

Saat periode kehamilan, ibu hamil kerapkali dilanda perasaan stres padahal sudah melalui masa morning sickness, yang mana kondisi ini memang dapat meningkatkan perasaan tersebut. Meskipun sudah melengkapi nutrisi dengan mengonsumsi makanan bergizi untuk ibu hamil yang dipercaya ampuh menghilangkan perasaan stres ini, akan tetapi sayangnya masih banyak saja ibu hamil yang dilanda stres ketika hamil.

Untuk itu, agar stress ini hilang, cobalah untuk melakukan olaharaga renang saat hamil. Lantas, apakah berenang aman untuk ibu hamil? Tentu, jawabannya sangat aman sekali, sebab saat berenang berat badan ibu hamil ditahan oleh air sehingga tidak akan menimbulkan masalah yang dapat membahayakan janin yang terdapat di dalam rahim.

Selain itu, berenang tersebut juga memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil. Apa saja manfaat tersebut? Yuk, cek jawabannya disini! (mengutip dari momma.id)

  • Dengan rutin melakukan olahraga renang ini di rumah, maka akan membantu mengurangi pembengkakan yang biasanya muncul pada lengan dan kaki ibu hamil.
  • Yang paling penting, berenang juga dapat menjaga berat badan agar tetap stabil dan semakin sehat tentunya.
  • Bisa mengatasi nyeri pada bagian punggung akibat bobot janin di dalam perut semakin membesar. Tidak hanya itu, berenang pun bisa menguatkan sekaligus menyeimbangkan tata letak otot yang berada dekat dengan perut.
  • Dapat mencegah cedera sekaligus mampu mengatasi nyeri yang muncul pada bagian ligamen karena air menahan berat tubuh ibu hamil tersebut.
  • Dengan berenang, ibu hamil pun akan merasa lebih rileks.
  • Mengingat berenang sangat bagus untuk kesehatan ibu hamil, maka sebelum melakukan olahraga ini alangkah baiknya perhatikan dulu bagaimana tips berenang yang disarankan untuk ibu hamil. Yuk, disimak!

Menurut hasil lansiran yang dikutip melalui momma.id, waktu berenang yang baik untuk ibu hamil adalah sekitar 20 hingga 30 menit maksimal perhari, bisa dilakukan beberapa hari saja dalam satu minggu. Nah, bagi ibu hamil yang belum pernah sama sekali berenang, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah meregangkan badan kemudian lakukan pendinginan dan barulah kemudian langsung berenang. Selama berenang, pastikan Ibu selalu mendapatkan asupan cairan karena takutnya nanti malah bisa memunculkan dehidrasi. Dan bagi yang sudah sering berenang, bisa melanjutkan berenang seperti biasa. Namun, jangan lupa, sebelum berenang, alangkah baiknya tanya dulu kepada dokter, apakah Anda diperbolehkan berenang saat hamil atau tidak. Semoga bermanfaat! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *