Benda Sehari-Hari Yang Dapat Mengganggu Sambungan Wi-Fi

wi-fiDiantara sekian banyaknya pilihan sambungan internet rumah, internet dengan Wi-Fi masih menjadi favorit para penggunanya. Hal ini tidak terlepas dari penggunaannya yang lebih fleksibel dan praktis, dan juga dapat digunakan oleh lebih dari satu user tanpa perlu repot-repot melakukan pengaturan tertentu, ataupun membutuhkan berbagai alat tambahan.  Kecuali, jika gadget yang kita gunakan belum memiliki fitur untuk menangkap sinyal wireless.

Akan tetapi, terkadang koneksi ini mengalami masalah. Jika sudah begini, kita biasanya akan menyalahkan provider atau alat (router) yang kita gunakan. Padahal, belum tentu mereka yang salah loh. Karena ternyata, beberapa alat elektronik yang kita gunakan bisa menjadi penyebab gangguan ini, diantaranya:

Televisi Tua

Beberapa model televisi klasik menggunakan power supply yang dapat menimbulkan gangguan sambungan. Bahkan pada beberapa kasus di luar negeri, sebuah tv klasik pada satu rumah dapat menimbulkan gangguan hingga ke 5-10 rumah di sekitarnya.

Microwave

Microwave oven menggunakan radiasi khusus untuk memanaskan masakan di dalamnya, dan radiasi ini sangat lazim menyebabkan gangguan pada sambungan wi-fi.

Bluetooth Device

Device yang dimaksud di sini adalah perangkat-perangkat seperti radio atau headphone yang dapat disambungkan via Bluetooth, perangkat inilah yang dapat menyebabkan gangguan pada sambungan. Meski begitu, banyak pabrik elektronik yang telah memperbaiki hal ini sehingga perangkat Bluetooth mereka tak lagi menganggu sambungan wi-fi.

Wi-fi Router Lain

Apakah tetangga juga menggunakan wi-fi di dalam rumahnya? Jika iya, hal ini juga dapat menganggu sambungan wi-fi Anda, meskipun tetangga Anda menggunakan provider yang sama.

Perangkat-Perangkat Nirkabel

Joystick video game, speaker, remote, telfon rumah nirkabel, dan hal-hal lainnya yang dapat tersambung tanpa kabel, dapat menimbulkan gangguan pada sambungan wi-fi kita.

Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar memproduksi sinyal khusus yang dapat menganggu sambungan wi-fi kita. Namun, hal ini hanya akan terjadi apabila alat tersebut berada dekat router atau perangkat yang tengah kita gunakan.

Parabola Tua

Parabola tua yang tidak lagi digunakan, atau parabola yang tidak terpasang dengan benar juga dapat menganggu sambungan kita. Hal ini selain dikarenakan oleh material pembuatannya, namun juga oleh sinyal-sinyal yang diproduksinya.

Yuk, hindari benda sehari-hari yang dapat mengganggu sambungan Wi-fi. (RR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *