Benarkah Kayu Manis Bermanfaat Bagi Kesehatan?

kayu manis

image source: The Alternative Daily

Banyak informasi online yang membahas manfaat kayu manis untuk diabetes. Namun apakah itu benar?  Berdasarkan artikel pada web Dokter Sehat, kandungan di dalam kayu manis membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Wow kok bisa? Kayu manis membantu proses pencernaan dan membantu memperbaiki respon pengeluaran insulin pada tubuh. Jadi bisa diakui bahwa kayu manis sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Ehm, ada gak sih manfaat lain kayu manis untuk kesehatan kita? Atau hanya berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah aja? Tentu saja tidak, kayu manis mempunyai banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan tubuh kita, seperti:

  • Mencegah Kanker Usus. Kandungan kalsium dan serat pada kayu manis membantu menjaga kesehatan usus sehingga secara tidak langsung membantu pencegahan kanker usus. Selain kayu manis ternyata ada juga bahan alami lainnya seperti kunyit yang secara medis bermanfaat membantu kesehatan organ pencernaan.
  • Mengurangi Darah Tinggi. Kayu manis ternyata dapat mengurangi kadar dalam tubuh secara efisien sehingga cocok dikonsumsi untuk mengurangi darah tinggi yang biasanya disebabkan oleh garam.
  • Meningkatkan Kinerja Otak. Berdasarkan web WHfoods, bau kayu manis membantu meningkatkan daya konsentrasi dan daya ingat otak.
  • Mengurangi Sakit Karna Rematik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diterbitkan pada website US National Library of Medicine National Institutes of Health, air kayu manis dapat mengurangi sitokin yang terkait dengan rematik.  Jadi bisa dibilang air kayu manis dapat mengurangi rasa sakit.
  • Mengurangi Peradangan Kronis pada Neurologis. Berdasarkan penelitian oleh Cytokine Research Laboratory, Department of Experimental Therapeutics, The University of Texas, makanan mengandung kayu manis dan bau kayu manis membantu mengurangi peradangan pada neurologis. Bisa dibilang kayu manis ini bisa diteliti lebih jauh untuk dijadikan obat penyakit Alzheimer, Parkinson, tumor otak, meningitis dan penyakit otak lainya.
  • Meminimalis Penyakit Jantung. Kolesterol menjadi salah satu penyebab seseorang terserang penyakit Jantung. Salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami adalah mengkonsumsi 1 gram kayu manis secara rutin karena kadungan kayu manis dapat membantu menurunkan kolesterol.

Wah, banyak ya manfaat kayu manis untuk kesehatan. Dan jika semakin banyak penelitian dilakukan mungkin saja makin banyak manfaat kayu manis yang bisa ditemukan terutama untuk kesehatan. -hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *