Belajar Pintar untuk Menghadapi Ujian Inggris SMA

Gimana cara belajar inggris untuk SMA yang baik? Bagi orang tua yang memiliki anak-anak yang sudah duduk di bangku SMA, mulai bertanya-tanya gimana cara agar anaknya bisa berbahasa inggris lebih baik? Terutama orang tua yang berharap anaknya melanjutkan kuliah ke luar negeri.

Tips Membuat Anak Anda Pintar Berbahasa Inggris

Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan:

Ubah Semua Tontonan dan Lagu ke Barat

dengar lagu

Denger Lagu Inggris

Dengan cara mengubah semua tontonan dan lagu yang didengar ke barat, secara gak segaja Anda sedang melatih listening anak. Untuk musik, Anda bisa mencari lagu kesukaannya kemudian meminta dia untuk mendengar kemudian menuliskan liriknya. Setelahnya, berikan lirik asli agar anak tahu bagian yang salah. Putar lagu kembali agar dia bisa bernyanyi dengan lirik yang benar. Lakukan hal ini secara teratur.

Kuatin Dasar Bahasa Inggris

Dasarnya adalah belajar grammar dan kosa kata bahsa inggris. Kebanyakan siswa mengalami kesusahan dalam menghadapi pelajaran dan ujian bahasa inggris dikarenakan dasar bahasa inggris yang kurang kuat.  Untuk belajar kosa kata bisa melalui lagu, buku cerita ataupun film. Dan Anda bisa memicu keinginan anak dengan mengajaknya bermain game yang berhubungan dengan kosa kata inggris seperti scrabble.

game kosa kata inggris

Game Kosa Kata Inggris : Scrabble

Namun untuk grammar, sangat disarankan banyak baca dan meminta guru les untuk mengajar agar anak tahu fungsi setiap grammar sehingga saat penggunaannya, anak tidak tertukar dari 1 grammar dengan grammar lainnya. Dengan memperkuat dasar bahasa inggris, Anda mempersiapkan anak untuk menghadapi soal listening, reading dan grammar.

Catat Kosa Kata yang Tidak Dimengerti

perbanyak vocab

Jangan Sampai Salah Kosa Kata

Pada saat membaca buku atau dengeri musuk, ketemu kosa kata yang susah, langsung catat. Kemudian buka kamus untuk untuk mencari artinya. Daftar kosa kata yang tidak dikenal, bisa ditempel di dinding kamar agar setiap kali anak lewat, anak Anda membacanya. Itu jika anak Anda tidak diujian.

Saat ujian : jika anak bertemu dengan kosa kata yang sulit, ajarkan anak untuk tidak langsung panik. Ajarlah dia untuk menerka-nerka arti kosa kata tersebut dari kalimat sebelum atau sesudahnya. Dengan begitu, setidaknya anak menangkap inti dari kalimat sehingga membantu dia untuk menjawab pertanyaan ujian.

Semoga cara belajar bahasa inggris untuk SMA ini bisa membantu. Dan cara ini juga bisa digunakan untuk anak maupun profesional. –hm-

2 comments for “Belajar Pintar untuk Menghadapi Ujian Inggris SMA

  1. Mei 7, 2015 at 2:50 pm

    SERING ISI KUIS BHS INGGRIS SAJA

    • Heni
      Mei 28, 2015 at 7:13 pm

      Yap, itu bisa menjadi salah satu cara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *