Belajar Bahasa Inggris Melalui Film

Belajar bahasa Inggris dengan menggunakan media film adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan, apalagi ketika kita sudah duduk di bangku sekolah menengah atas. Ujian yang sudah berada di depan mata dan keharusan untuk memahami bahasa Inggris membuat kita sebagai siswa SMA mau tidak mau harus mempelajari bahasa tersebut. Berikut ini adalah tips belajar bahasa inggris untuk SMA melalui media film.

  • nonton filmPilih genre yang disukai. Untuk tahap awal, sebaiknya mulailah dengan jenis film yang kita sukai. Bisa film romance, komedi romantis, horror, thriller, drama, atau komedi. Hal ini akan membuat kita betah untuk mengikuti perjalanan film-nya dari awal sampai akhir. Dan pastikan film tersebut adalah film berbahasa inggris. Percaya atau tidak menonton film membantu proses belajar bahasa inggris.
  • Pilih film yang sudah pernah ditonton sebelumnya. Mengapa? Sebab ketika kita ingin belajar bahasa inggris dengan menggunakan media film, sebaiknya memilih film yang sudah kita pahami jalan ceritanya. Dengan demikian, kita bisa terfokus pada dialog yang digunakan dalam film alih-alih mengikuti jalan ceritanya.
  • Pertimbangkan durasi. Jika kita adalah tipe yang tidak betah duduk berlama-lama di depan televisi, pilihlah movie series yang berdurasi hanya sekitar 45 menit per episodenya.
  • Pilih tema yang ringan. Saat baru memulai pembelajaran, pilih film yang mengandung tema-tema sederhana dan tidak rumit. Sebaiknya jangan memilih film bertema sejarah, luar angkasa, atau bahkan budaya yang mungkin akan sulit dipahami.
  • Gunakan subtitle. Memasang subtitle saat belajar bahasa Inggris menggunakan media film bukan berarti kita tidak akan fokus mendengarkan audio. Justru subtitle ini akan membantu kita untuk mengetahui arti percakapan yang tengah diucapkan. Dengan demikian, kosakata kita bertambah dengan bantuan subtitle tersebut.
  • Ulangi percakapan. Film biasa didominasi oleh dialog antar tokoh. Agar kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris kita terlatih, coba ulangi kalimat yang diucapkan oleh para tokoh dan ikuti pronunciation-nya. Mulai dari kalimat singkat, hingga kalimat yang panjang.
  • Buat Movie Journal. Sepanjang pembelajaran di film, pastinya kita akan menemukan beberapa kosakata yang ingin kita ingat atau line dialog yang menarik. Sediakan buku jurnal untuk menuliskan semua hal-hal yang kita ingat. Hal ini membantu kita untuk menambah kosakata dan melatih untuk mengucapkan kata-kata tersebut secara berulang-ulang. (Tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *