Begini Trik Membuat Password Agar Tak Mudah Di-hack!

password
image source: Home City Federal Savings Bank

Setiap perusahaan pasti berusaha untuk memilih jasa provider system integrator Indonesia yang terbaik. Sebab, system integrator Indonesia tidak hanya berperan untuk mengurusi masalah software yang digunakan di perusahaan, tetapi juga berperan dalam keamanan data-data perusahaan. Tentunya sebuah perusahaan tidak mau dong, datanya diretas dan dibocorkan? Tak harus perusahaan besar, saat menggunakan internet, tentunya kita juga tidak mau kan, data-data pribadi kita di-hack oleh pelaku cyber crime? Apalagi jika kita sampai tidak bisa mengakses akun yang kita miliki. Tentunya hal ini akan sangat merepotkan. Nah, salah satu cara untuk mencegah hacker adalah dengan menggunakan password yang canggih alias efektif.

Meskipun menurut Charles Henderson selaku Global Managing Partner IBM X-Force Red, penerapan password merupakan cara yan buruk untuk melindungi sebuah akun, tetap saja kita harus memaksimalkan fungsi dari password sebagai sistem keamanan. Memang sih, menurut Henderson tidak ada password yang benar-benar aman dan tidak bisa diretas tapi tak ada salahnya kan untuk memperkuat password?

Pasalnya penggunaan karakter yang banyak dapat mempersulit hacker untuk meretas password. Semakin banyak karakter, maka akan semakin lama juga waktu yang dibutuhkan. Selain itu, penggunaan password manager juga bisa diterapkan. Jadi, software tersebut akan membuat password secara acak untuk berbagai situs dan platform yang kita gunakan.

Cara lain untuk memperkuat keamanan akun adalah dengan menambahkan lapisan keamanan. Misalnya dengan cara memberikan kode khusus lewat ponsel atau menggunakan pemindai sidik jari dan wajah. Biasanya pengamanan ini digunakan pada situs dan platform seperti perbankan atau akses pada smartphone.

Nah, yang paling penting tapi sering diabaikan adalah menggunakan password yang berbeda-beda pada tiap platform. Mungkin banyak dari kita yang merasa lebih mudah untuk menggunakan password yang sama pada tiap-tiap akun yang berbeda. Memang hal tersebut akan membuat kita lebih mudah untuk menghafal password, akan tetapi jika hacker berhasil mengetahui satu password tersebut, maka semua akun pada situs yang kita gunakan dapat terancam.

Bagaimana, sudahkah kamu menggunakan password yang aman dan sulit untuk diretas oleh hacker? Semoga membantu! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *