Begini Cara Mengatasi Kebiasaan Ngemil di Malam Hari

makan malamTidak sedikit orang yang memiliki kebiasaan ngemil di malam hari. Hal ini tidak salah, tapi bisa jadi boomerang jika cemilan yang dikonsumsi bukanlah cemilan sehat. Sebab ngemil di malam hari bisa membawa masalah kesehatan seperti mengganggu waktu tidur, meningkatkan asam lambung, hingga membuat kamu mengalami masalah kenaikan berat badan. Untuk itu, yuk segera atasi masalah kebiasaan ini sebelum terlambat! Apa saja hal yang bisa kamu coba? Berikut di antaranya:

  • Tidur lebih awal. Tidur lebih awal memungkinkan kamu untuk mengurangi kebiasaan ngemil di malam hari. Sebab keinginan untuk ngemil ini biasanya hadir ketika kamu sedang iseng atau tidak ada kegiatan, namun bingung harus melakukan apa dan sama sekali tidak merasa ngantuk. Untuk itu, ketika kamu tidur lebih awal, maka kemungkinan untuk iseng ngemil pun bisa ditekan. Kamu pun terhindar dari kebiasaan buruk ini, deh.
  • Makan malam dengan porsi yang cukup. Keinginan ngemil juga bisa hadir karena perut yang terasa lapar. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya pun sebenarnya mudah saja. Kamu tinggal tambah porsi makan malam kamu agar tidak merasa lapar saat tidur. Hanya saja, perhatikan porsi makan malamnya juga, ya. Jangan sampai terlalu banyak hingga kekenyangan dan merasa mual.
  • Minum air. Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh juga bisa membantu kamu mengatasi keinginan untuk ngemil yang asin-asin. Menurut penelitian, keinginan untuk ngemil makanan yang asin-asin bisa timbul karena tubuh kekurangan cairan sehingga secara refleks memberi sinyal pada tubuh untuk mengonsumsi makanan yang mengandung garam.
  • makanJika terpaksa ngemil, konsumsi cemilan sehat yang berserat atau buah-buahan. Sudah melakukan beberapa hal di atas tapi masih gagal! Nah, jangan langsung menyerah dan mengonsumsi sembarang cemilan. Pilihlah cemilan yang mengandung serat karena serat bisa membuatmu kenyang lebih lama atau bisa juga konsumsi buah yang mengandung banyak vitamin. Biar mudah nyemil sehat di mana saja di rumah, pastikan kamu selalu nyetok buah segar di rumah.

Nah, semoga beberapa hal di atas bisa membantu kamu mengatasi kebiasaan ngemil di malam hari, ya. Selamat mencoba dan semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *