Beda Pegal Linu dan Radang Sendi

Banyak orang mengira dia mengidam radang atau nyeri sendi (arthritis rheumatoid) dan ternyata dia hanya mengidam pegal linu dan sebaliknya. Hal ini terjadi karena banyak orang yang menganggap 2 penyakit ini sama. Pemikiran seperti ini harus diperbaiki agar tidak ada lagi kesalah pahaman. Radang atau nyeri sendi merupakan penyakit yang berbeda dengan pegal linu. Percayalah, karena radang sendi merupakan penyakit yang lebih berat daripada pegal linu.

Radang atau Nyeri Sendi

Prof Dr dr Handono Kalim menjelaskan bahwa radang sendi di tandai dengan pembengkakan pada persendian. Persendiaan yang bengkak berwarna merah serta akan terasa panas dan nyeri ketika dipegang. Informasi ini disampaikan oleh Prof Dr dr Handono Kalim pada acara konpres Tocilizumab: Tranformasi Nyata bagi Pasien Artritis Rheumatoid yang diadakan di Hotel shangrila Jakarta.

Selain ciri-ciri penyakit nyeri sendi di atas , Prof Dr dr Handono Kali juga memaparkan berbagai hal lain yang berkaitan dengan penyakit sendi ini. Dan hal – hal yang disampaikan beliau akan membantu kita semakin memahami si penyakit radang sendi ini:

beda nyeri sendi pegal linuPenyakit radang sendi merupakan penyakit yang paling sering muncul dimulai dari sendi jari – jari tangan. Sendi pada tangan akan mulai membengkak, merah dan terasa sakit ketika disentuh.

  • Akan menyerang jari-jari tangan baik itu hanya sebelah tangan atau kedua-duanya.
  • Paling banyak menyerang wanita terutama wanita muda

Penyakit nyeri sendi ini sangat menangkutkan karena dia bisa membuat hidup seorang hancur karena penyakit ini dapat membuat kita tidak bisa berjalan dengan baik, tidak bisa ngacing baju hingga gak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Bahkan penyakit ini dapat memicu penyakit lain seperti depresi, jantung, kelainan cacat dan anemia.

Penyebab dan Cara Penyembuhan Nyeri Sendi

Penyakit radang sendi ini terjadi karena adanya sistem imun yang menyerang tubuh sendiri. Seharusnya penyakit ini jarang terjadi karena sejak dari lahir sistem imun kita sudah diajarkan untuk tidak menyerang tubuh sendiri. Namun dikarenakan berbagai sebab, imun menjadi buta dan menyerang diri sendiri. Beberapa orang mengatakan bahwa penyebabnya adalah

  • Infeksi yang berhasil masuk dan menginfeksi tubuh sehingga membuat sistem imun kita kacau dan mulai menyerang diri sendiri.
  • Makanan merupakan faktor lainnya terutama di zaman ini di mana makanan banyak mengandung zat kimia yang entah digunakan sebagai pegawet , perwarna atau perasa.

Untuk pengecahanya, sebenarnya tidak ada cara yang tepat karena dokter belum menemukannya. Yang pastinya, kita harus hidup sehat.

Bila merasa mengalami ciri – ciri di atas, diharapkan menghubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jadi seadainya memang menderita radang sendi, bisa langsung diobati.

Pegal Linu

Tentu saja ketika kita mengalami pegal linu, kita tidak akan merasakan ciri-ciri yang dirasakan penderita nyeri sendi. Pegal linu merupakan sakit yang menyerang hampur semua bagian pada tubuh. Sakit ini muncul karena adanya kekakuan pada otot dan bisa terjadi pada siapa aja.

Penyebab dan Cara Menyembuhkan Pegal Linu

Gimana bisa otot menjadi kaku? Hal ini bisa saja terjadi karena

  • Kita duduk terlalu lama. Nah kegiatan duduk terlalu lama ini, biasa dihadapi oleh para karyawan yang memang diharuskan duduk selama berjam – jam di depan meja kerjanya
  • Mengangkat beban yang terlalu berat untuk waktu yang cukup lama
  • Kurang mengerakan tubuh dan berolahraga
  • Kurang tidur
  • Salah posisi tidur atau salah posisi ketika melakukan sebuah aktifitas

Cara pengobatan yang disaranakan bagi penderita pegal linu biasa (tidak ada tambahan kondisi medis lain) adalah

  • Istirahat yang cukup
  • Lakukan perengangan atau peminjatan agar otot kembali rileks
  • Konsumsi air yang cukup
  • Memosisikan tubuh dengan benar dalam beraktifitas seperti duduk, berdiri atau tidur

Kesimpulannya radang sendi dan pegal linu biasa merupakan penyakit yang berbeda.  Sampai ketemu di artikel informasi kesehatan lainnya. -hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *