Beberapa Tanda Mobil Butuh Diservis

servis mobilMerawat mobil merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh para pemilik mobil. Entah itu sekadar mencuci mobil atau bahkan ganti oli mobil, semua hal itu harus dilakukan agar performa mobil tetap prima. Namun demikian, sayangnya banyak pemilik yang mengabaikan perawatan mobil ini. Padahal, mobilmu sudah memberikan ‘tanda-tanda’ bahwa mereka butuh untuk segera diservis. Hmm, apa saja ya tanda bahwa mobil sudah waktunya masuk bengkel untuk servis? Ini dia daftarnya:

  • Ada suara bising. Ketika mobil sedang dikendarai, kamu sering mendengar suara-suara bising yang aneh. Tidak hanya itu, ketika mesin dihidupkan pun bunyinya tak lagi terasa halus. Tentunya, suara bising ini sangat mengurangi kenyamanan berkendaramu, bukan? Jika tanda-tanda ini sudah muncul, maka sebaiknya segeralah untuk melakukan perawatan mobil dengan membawanya ke bengkel. Siapa tahu, mobilmu sudah masuk masa servis.
  • Performa mesin menurun. Sebagai pemilik mobil, kamu pastinya bisa merasakan ketika performa kendaraanmu sudah menurun. Entah itu berupa tarikan yang mulai berat, mesin sering mati mendadak, dan lain sebagainya. Nah, performa mesin yang menurun merupakan salah satu pertanda bahwa mobilmu sudah saatnya diservis. Jadi, kamu pun harus jeli dalam memerhatikan kondisi mesin mobil agar bisa membawanya ke bengkel sebelum mobil benar-benar mogok.
  • Oli sudah mulai habis. Masih berhubungan dengan poin di atas, salah satu penyebab mengapa performa mesin kurang bertenaga adalah karena oli sudah mulai habis. Sebab saat oli sudah mulai habis maka mesin tidak punya tarikan lagi. Untuk mengatasinya, kamu bisa membawa mobil ke bengkel dan lakukan penggantian oli. Atau jika ingin, kamu juga bisa mengganti oli sendiri di rumah.
  • AC tidak lagi terasa dingin. Pernah merasakan bahwa pendingin di mobilmu tak lagi terasa? Well, itu artinya ada yang bermasalah dengan komponen AC-nya. Entah itu kompresornya, filter, atau bahkan freonnya. Tidak hanya itu, penyebab dari AC yang tak lagi dingin juga bisa bersumber karena debu yang menumpuk di depan filter sehingga menahan hembusan angin. Selain itu, AC tidak dingin bisa terjadi akibat air radiator yang kurang. Hal ini termasuk mudah diatasi namun harus segera sebelum timbul bahaya akibat air radiator kurang. Jika sudah begini, jalan keluarnya adalah kamu bisa membawa mobilmu ke bengkel dan servis hingga AC bisa berfungsi seperti semula.

Itu dia beberapa tanda bahwa mobilmu butuh diservis. Jadi, kalau sudah menemukan beberapa di antaranya, segera bawa mobilmu ke bengkel, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *