Beberapa Cara Menata Buku

menyusun bukuBagi para pecinta buku, rak buku akan menjadi hal utama yang akan dibeli saat bermain ke toko furniture Jakarta, untuk membeli berbagai furniture baru. Bahkan, mungkin mereka bisa membeli lebih dari satu rak agar cukup untuk menyimpan seluruh koleksi bukunya. Wajar saja, karena mereka pastinya memiliki buku dalam jumlah yang sangat banyak hingga tidak lagi mampu disimpan dalam satu rak buku saja. Apalagi, terkadang ada dari para pecinta buku ini yang memiliki hobi membeli buku, meskipun belum ada kejelasan kapan mereka akan membaca buku-buku tersebut. Mereka hanya membelinya, karena senang dan suka, dan mereka takut jika menunda untuk membelinya mereka tidak lagi memiliki kesempatan memilikinya karena buku tersebut sudah habis dan tidak dicetak uang.

Setelah membeli rak buku, tugas kita selanjutnya adalah menata buku-buku tersebut. Ada beberapa cara yang bisa kita terapkan saat akan menata buku, yaitu:

Abjad

Sesuai buku dengan abjad dari setiap judul buku. Mengapa judul buku? Karena pada umumnya seseorang lebih mudah menghafalkan judul buku yang dibacanya, daripada menghafalkan nama penulisnya. Dengan cara ini, kita akan bisa dengan mudah mencari buku yang kita inginkan. Kita hanya perlu mengingat judul buku yang ingin dibaca, dan kemudian mencarinya. Untuk buku series, kita bisa mengambil judul pada buku awal series tersebut. Misalnya, “Twillight”, “New Moon”, “Eclips”, “Breaking dawn”, keempat buku tersebut bisa kita masukkan dalam “Twillight series”.

Genre

Jika kita adalah tipe orang yang suka membaca buku dengan beragam genre, kita bisa menyusun buku berdasarkan genre. Tidak perlu terpatok dengan genre yang dikatakan oleh oranglin, karena kita sendiri yang nantinya akan kebingungan. Jika kita merasa sebuah novel lebih bergenre “Misteri” daripada “Horror”, maka kita bisa menempatkannya pada buku dengan genre “Misteri”.

Series

susun bukuKumpulkan semua buku series, dan kemudian letakkan berdekatan. Dan untuk buku satuan, letakkan pada bagian rak lainnya. Hal ini akan membuat kita mudah untuk mengetahui, apakah ada bagian dari buku series kita yang belum lengkap, atau tidak berada di tempat yang tidak seharusnya.

Ukuran

Ini adalah cara agar buku kita tampak rapi, yaitu menyusunnya sesuai dengan ukuran. Kita bisa mengunpulkan buku berukuran standar dan yang berukuran berbeda, dan kemudian pisahkan berdasarkan ketebalannya.

Sudah/Belum dibaca

Ini berlaku bagi kita yang hobil membeli buku, tapi malas membacanya. Sebaiknya, pisahkan buku yang sudah dan belum dibaca. Setiap kali kita memiliki waktu luang, tengoklah rak yang menyimpan buku yang belum dibaca, dan kemudian ambillah salah satunya. Dengan begini, perlahan-lahan tumpukan buku yang belum terbaca akan semakin berkurang. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *