Ban Motor Biasa dan Tubeless Berbeda

ban sepeda motorSecara umunya, ban sepeda motor dibagi menjadi 2 jenis yaitu ban biasa dengan ban dalam (tube) dan ban tanpa ban dalam (tubeless). Jika dilihat dari namanya, perbedaan yang paling kelihatan adalah ada dan tidaknya ban dalam. Padahal selain ban dalam, masih banyak perbedaan antara ban sepeda motor tube dan tubeless.

Perbedaaan Ban Sepeda Motor tube dan tubeless

Bentuk Ban Tube dan Tubeless

Semua ban sepeda motor  pastinya memiliki bentuk yang bulat. Namun jika ban tube dibandingkan denngan ban tubeless, akan terlihat ternyata ban jenis tube memiliki bentuk yang agak kaku alias tidak terlalu bulat. Dan bentuk ban yang berbeda ini memberikan pengaruh pada manuver sepeda motor.
Ban tube dengan bentuknya yang tidak bulat sempurna ini ternyata akan menyulitkan pengendara motor dalam melakukan manuver dalam kecepatan tinggi. Sedangkan ban tubeless yang memang bentuknya lebih bulat memungkinkan pengendara motor bisa dengan luwes melakukan manuver. Selain bentuknya yang lebih bulat, ban tubeless pun lebih stabil.

Keawetan Ban Tube dan Tubeless

Dilihat dari keawetan atau lamanya pemakaian, ban tube yang terbuat dari komponen yang lebih kuat bisa bertahan 2 tahun atau lebih. Sedangkan ban tubeless memang terbuat dari komponen yang lebih lunak sehingga jangka pemakainya lebih pendek. Jika dipakai terus tiap hari, ban tubeless bisa bertahan hingga 1,5 tahun.

Ban Anti Bocor
Ban tube ketika tertusuk paku atau benda tajam lainnya, angin dalam ban akan dengan cepat keluar sehingga dalam kurung waktu kurang dari 10 menit ban akan kempes. Jadi ban tube bocor harus segera ditambal dan isikan angin kembali agar motor bisa berjalan seperti sediahkala.

Kalau ban tube mudah bocor, berarti ban tubeless itu anti bocor? Untuk mengambarkan ban tubeless tidak bisa menggunakan kata anti bocor karena kata yang lebih tepat adalah lebih tahan bocor. Ketika terkena paku, ban sepeda motor tubeless tidak akan langsung kempes seperti ban tube. Namun tetap saja lubang yang dibuat oleh paku harus ditambal agar tidak merusak steel belt –nya.

Jadi sekarang pada tahukan bahwa ban sepeda motor biasa dengan ban dalam (tube) dan ban sepeda motor tanpa ban dalam (tubeless) itu berbeda. Pemahaman akan perbedaan ini dapat membantu dalam memilih ban sepeda motor yang tepat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *