Awas, Beberapa Hal Tentang Diet Ini Ternyata Mitos

sarapanUntuk menjaga berat badan tetap ideal atau menurunkan berat badan, banyak yang memilih cara diet. Ada yang diet salah satu jenis nutrisi, ada juga yang benar-benar membatasi makan, termasuk membatasi konsumsi cemilan sehat sekalipun. Pasalnya, karena apapun bentuk cemilan tetap saja dapat menaikkan berat badan dan menjadi alasan mengapa nafsu makan meningkat, sehingga lebih baik jika dihindari.

Akan tetapi, benarkah demikian? Ternyata, menghindari konsumsi cemilan saat diet karena dapat menaikkan berat badan hanya mitos, loh. Tidak hanya tentang cemilan saja, ada beberapa mitos lain mengenai diet yang harus kamu ketahui agar program diet berhasil. Dan berikut ini adalah beberapa di antaranya berdasarkan situs alodokter:

  • Sarapan dan makan malam

Sarapan sangatlah penting karena merupakan sumber energimu untuk beraktivitas. Saat malam hari, perutmu akan kosong sekitar 8 jam, sehingga jika kamu melewatkan sarapan, maka kamu tidak akan memiliki cukup tenaga untuk beraktivitas. Selain itu, kamu juga akan berisiko mengonsumsi berbagai cemilan untuk menahan lapar hingga masuk jam makan siang.

  • Asupan lemak

Lemak membuat gemuk, jadi harus dihindari. Pasti banyak yang berpikir begitu, kan? Padahal, tubuh juga membutuhkan lemak untuk sumber energi dan memperbaiki sel tubuh. Namun, agar dietmu tetap berjalan dengan baik, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat dan batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak trans.

  • Karbohidrat

Banyak orang yang sedang diet memilih untuk menghindari konsumsi nasi atau sumber karbohidrat lainnya. Hal ini salah, karena tubuh memerlukan karbohidrat dan tidak akan membuat gemuk selama dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Selain itu, kamu bisa memilih sumber karbohidrat lain yang lebih sehat jikaragu mengonsumsi nasi putih. Misalnya seperti kentang rebus.

  • Olahraga

Supaya berat badan lebih cepat turun, banyak yang melakukan olahraga secara berlebihan. Padahal hal ini tidak akan berguna jika kamu melakukannya secara ekstrem tetapi hanya satu kali. Sebab, cara yang paling efektif adalah dengan mengubah gaya hidup secara perlahan tetapi konsisten.

  • Cemilan

Mengonsumsi cemilan di sela waktu makan bermanfaat sebagai tambahan sumber energi dan juga agar membatasi porsi makan besar. Namun, agar tidak mengganggu program dietmu, pilihlah cemilan yang sehat.

Semoga setelah mengetahui beberapa mitos di atas, kamu dapat menjalankan program dietmu dengan lancar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *