Awas, 5 Modifikasi Ini Bisa Menjadi Penyebab Kecelakaan

mobilBanyak orang yang ingin memiliki mobil dan rela menabung untuk mewujudkannya. Ketika keinginan tersebut akhirnya terwujud, biasanya akan ada 2 hal yang dilakukan pada mobilnya: memberikan asuransi mobil yang unggul seperti asuransi mobil dari asuransi umum Chubb, dan melakukan modifikasi sesuai dengan keinginannya.

Yap modifikasi mobil kerap menjadi keharusan yang diutamakan pemilik mobil, meskipun hanya sekadar memasang beberapa aksesoris kecil atau mengganti sound system. Sebenarnya, modifikasi pada mobil kesayangan boleh saja dilakukan, asalkan modifikasi tidak sampai membahayakan Anda sebagai pemilik dan pengendara, ataupun orang lain yang berada di sekitar Anda. Seperti 5 jenis modifikasi berikut ini:

  • Lampu

Modifikasi lampu merupakan salah satu modifikasi yang menjadi favorit para anak muda sekarang. Tidak hanya mengubah lampu utama menjadi lampu LED, beberapa pemilik kendaraan bahkan mengubah lampu sein menjadi lampu LED. Selain itu, ada juga yang mengubah warna lampu rem atau melapisi kaca lampu rem dengan lapisan hitam. Apapun jenis modifikasi yang dilakukan, semuanya tetap berisiko menimbulkan kecelakaan karena akan mengganggu pengendara di sekitar Anda.

  • Kaca film

Penggunaan kaca film ditujukan untuk membuat kaca lebih gelap sehingga tidak terlalu transparan dari luar. Namun, pemilik mobil sekarang banyak yang menggunakan kaca film dengan tingkat gelap di atas standar sehingga membuat kaca menjadi sangat gelap. Lebih parahnya lagi, kaca film tersebut dipasang menutupi seluruh area kaca. Akibatnya, akan mengganggu jarak pandang Anda, terutama saat malam hari.

  • Ban dan pelek

Banyak pemilik mobil yang memodifikasi bagian ban dan pelek dengan tujuan membuat tampilannya lebih keren. Sayangnya, saat melakukan modifikasi ini seringkali mereka tidak menggunakan ukuran yang standar. Padahal, pelek dan ban yang tidak standar dapat menyebabkan performa handling yang berkurang atau bahkan hilang.

  • Pedal metal

Pedal metal, aksesoris yang berukuran tidak terlalu besar tapi ternyata bisa berefek besar jika dipasang secara sembarangan. Aksesoris ini merupakan pedal tambahan yang terbuat dari metal dan biasa dipasang pada bagian pedal gas, rem, dan kopling (mobil manual). Tujuannya, agar pedal tampak lebih keren. Namun, ukuran aksesoris ini yang umumnya lebih besar dari ukuran pedal standar seringkali membuatnya terinjak bersamaan atau menyangkut.

  • Audio

Mengubah audio atau sound system standar akan mempengaruhi sistem kelistrikan pada mobil. Jika dilakukan dengan cara yang benar, hal tersebut tidak masalah. Namun, jika terjadi kesalahan, meskipun hanya sedikit, akan sangat berbahaya karena bisa menyebabkan korsleting listrik.

Melakukan modifikasi mobil boleh saja dilakukan, asalkan Anda memikirkan keamanannya. Pastinya Anda tidak mau dong jika mobil Anda terlihat keren, tapi membahayakan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *