Awas, 4 Penyakit Ini Bisa Terjadi Akibat Kekurangan Vitamin C

vitamin c penyakit tumorSemua vitamin memiliki manfaat yang penting bagi tubuh, termasuk juga vitamin C. Salah satu manfaat vitamin C yang paling terkenal adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, demi mendapatkan manfaat tersebut, banyak orang yang melakukan suntik vitamin C. Biasanya, hal ini dilakukan ketika seseorang akan melakukan perjalanan jauh atau memiliki aktivitas yang sangat padat.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa manfaat Vitamin C ini ternyata tidak sesederhana itu? Bahkan, kamu bisa terserang beberapa penyakit akibat tubuh kekurangan vitamin ini. Dari mulai penyakit yang tergolong ringan hingga kritis, seperti 4 penyakit berikut ini:

  • Anemia

Salah satu fungsi penting vitamin C dalam tubuh adalah untuk membantu penyerapan zat besi yang dibutuhkan untuk membantu produksi hemoglobin. Hemoglobin ini sendiri merupakan bagian dari sel darah merah yang bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tidak hanya itu, vitamin C juga berperang penting untuk membantu produksi sel darah merah. Ketika tubuh kekurangan vitamin C, maka penyerapan zat besi tidak akan maksimal, dan juga produksi sel darah merah akan terhambat. Akibatnya, tubuh akan kekurangan jumlah sel darah merah atau yang sering disebut dengan anemia.

  • Skorbut

Mungkin banyak dari kamu yang belum mengenal penyakit ini. Skorbut, penyakit langka akibat tubuh kekurangan vitamin C. Ketika tubuh kekurangan vitamin C, maka produksi kolagen akan terhambat. Padahal, kolagen adalah protein yang terdapat dalam berbagai jaringan tubuh. Akibatnya, serat kolagen tidak dapat diperbaiki sehingga terjadilah kerusakan jaringan.

  • Kanker

Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan kanker? Masa sih? Mungkin banyak dari kamu yang tidak mempercayainya. Namun, vitamin C ternyata berperan aktif sebagai antioksidan yang akan menghancurkan radikal bebas berbahaya yang ada dalam tubuh. Dengan terpenuhinya vitamin C, maka daya tahan tubuhmu akan menjadi kuat dan radikal bebas yang merupakan pemicu kanker dapat dilawan secara maksimal.

  • Stroke

Menurut situs alodokter, kekurangan vitamin C dapat meningkatkan risiko seseorang terkena stroke hemoragik, yaitu stroke akibat adanya pendarahan di sekitar atau di dalam otak. Meskipun hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, namun tidak ada salahnya kamu tetap memenuhi kebutuhan vitamin C, kan?

Dari penjelasan di atas, sudah jelas bahwa ternyata dampak dari kekurangan vitamin C tidak hanya sekadar munculnya sariawan saja, tetapi juga beberapa penyakit lainnya. Jadi, jika kamu tidak mau mengalaminya, mulai sekarang perhatikan asupan vitamin C dan pastikan jumlahnya cukup namun tidak berlebihan, ya! (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *