Asyiknya, Membuat Teh Sendiri di KidZania

mengenal daun teh
image source: InfoGaya Harian

Mencari arena hiburan keluarga di Jakarta bukan hal yang sulit. Ada berbagai tempat wisata menarik yang menyenangkan bagi keluarga, terutama anak-anak. Salah satunya adalah KidZania. Tempat hiburan ini tentu tidak lagi asing di telinga masyarakat. Bagaimana tidak, KidZania merupakan tempat bermain sekaligus belajar yang memberikan kesempatan untuk anak-anak untuk mencoba berbagai profesi yang mereka inginkan. Bukan profesi yang sudah umum dikenal masyarakat saja tapi ada banyak profesi lain yang dapat dijalani oleh anak-anak di KidZania, termasuk operator produksi.

Anak-anak juga bisa merasakan pengalaman membuat berbagai makanan seperti mie, nugget, pizza, roti, dan juga minuman seperti teh. Nah kali ini kita akan fokus membahas bagaimana keseruan membuat teh di KidZania! Dalam establishment tea factory, terdapat beberapa tanaman daun teh terbaik yang bisa diolah oleh anak-anak. Di sana, anak-anak akan dibimbing mulai dari memetik dan memilih daun teh terbaik. Bagian ini tentunya akan sangat menyenangkan bagi anak-anak. Mereka akan belajar hal baru dan mendapatkan pengalaman yang mengasyikkan dalam menyeleksi daun teh.

membuat teh
image source: Republika

Kemudian, daun teh yang sudah dipetik dikeringkan dan ditimbang. Anak-anak juga akan dibimbing untuk mengukur jumlah gula untuk memproses daun teh menjadi minuman botol yang siap dikonsumsi. Kira-kira dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk melakukan aktivitas ini. Selain menikmati teh yang diproduksi sendiri, anak-anak juga bisa belajar banyak dari proses pembuatan teh ini.

Membuat teh tidak mungkin berhasil jika dilakukan sendirian. Oleh karena itu, anak-anak memerlukan kolaborasi yang baik antara satu sama lainnya. Selain itu, saat memilih daun teh terbaik dapat memunculkan rasa kepedulian terhadap alam dan belajar mengolah sumber alam dengan baik dan bijaksana. Tentu masih ada nilai-nilai lain yang dapat dipelajari dalam proses pembuatan teh. Selain nilai-nilai yang berharga, anak-anak juga dapat memperluas pengetahuan mereka dan mengetahui lebih banyak tentang bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman teh. Bahkan mungkin di kemudian hari saat ia mengonsumsi teh, mereka akan terus mengingat betapa serunya pengalaman membuat teh di KidZania ini. (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *