Arti dari Warna Oli Mesin

warna oli mesinTidak sedikit orang yang masih belum mengerti kenapa harus mengganti oli mesin secara berkala. Padahal tanpa mengganti oli mesin, kinerja mesin bisa semakin menurun dikarenakan banyaknya kotoran di dalam mesin yang tidak berhasil diangkut ke filter. Selain karena kotoran, oli mesin yang ada di dalam mesin kendaraan memang memiliki umur terbatas . Hal ini dikarenakan adanya panas dan udara yang dihasilkan selama mesin bekerja. Panas dan udara akan lambat laun merusak kentalan dan kejernian oli mesin.

Bukannya kesehatan mesin kendaraan bisa dicek dengan mendengar suara mesin? Selain mengecek suara mesin, kita juga harus mengecek oli mesin. Jika suara mesin udah jelek, bisa jadi oli mesin sudah super kotor banget jadi lebih baik melakukan pergantian sebelum suara mesin menjadi aneh

Gimana tahu kapan harus mengganti oli mesin? Biasanya setiap pabrik menyertakan buku panduan untuk kendaraan yang kita beli. Di dalam buku panduan tersebut terterah informasi kapan kita perlu mengganti oli mesin. Selain melihat dari buku panduan, kita bisa mengecek warna dari oli mesin.

Berikut ini daftar arti dari warna oli mesin kendaraan kita:

Oli Mesin Berwarna Kuning Bening

Umumnya warna ini menandakan oli mesin masih sangat baru dan siap digunakan untuk mengganti oli mesin yang lama.

Oli Mesin Berwarna Coklat Kekuningan

Warna oli mesin ini menandakan kendaraan sudah menempuh jarak kisaran 1.000 – 2.000 km. Warna ini menunjukan bahwa oli mesin masih bisa digunakan.

Oli Mesin Berwarna Hitam

Wow, sudah hitam berarti kendaraan sudah menempuh setidaknya 3.000 – 4.000 km. Jika jarak sudah berada di atas 5.000 km, sangat disarankan untuk mengganti oli mesin segera mungkin. Wait, gimana klo kita baru ganti beberapa minggu dan jarak tempuh belum sampai 3.000 km namun oli mesin sudah menjadi hitam? Bisa karena 2 alasan yaitu ada komponen bagian dalam mesin yang bermasalah atau kerak di dalam mesin sudah terlalu banyak. Kerak sangat banyak bisa dikarenakan usia mobil sudah tua.

Untuk mobil dengan kerak yang banyak, lakukan pembersihkan kerak hingga 2-3 kali. Setelah bersih baru ganti oli mesin dan filter untuk memastikan bagian dalam mesin bersih.

Tanya nih, jika oli udah hitam dan tidak diganti gimana? Ehm, jika sering dilakukan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen mesin. Jika adanya kerusakan pada mesin tentu akan akan menjadi penyebab turun mesin pada mobil ataupun motor. Jika ingin kendaraan aman, ganti oli secara rutin aja.

Oli Mesin Berwarna Hitam Bercampur dengan Butiran Halus

Warna oli hitam dikarenakan oli mesin sudah terlalu lama digunakan sehingga perlu cepat diganti. Oli mesin yang sudah lewat masa penggunaannya tidak bisa berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan komponen mesin aus. Butiran halus adalah sebagai buktinya. Cepat ganti agar komponen mesin tidak cepat aus.

So, udah tahu kapan harus mengganti dan arti warna oli mesin? –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *