Apakah Internet Berdampak Positif Bagi Kehidupan Kita?

internetMendapatkan Informasi dan berkomunikasi sekarang semakin mudah dengan bantuan internet kabel. Dibandingkan 20 tahun yang lalu, dimana internet hanya bisa diakses oleh beberapa kalangan, komunikasi dan informasi antara kota, pulau ataupun negara sangatlah sulit dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Bahkan ketika kita ingin mencari kerja di kota lain, kita hanya bisa menggunakan cara kuno yaitu mendatangi kota tersebut dan keliling mencari pekerjaan. Syukur-syukur di kota tujuan, ada teman atau kerabat yang bisa membantu. Jika tidak,  ya berjuang sendiri aje.

Sekarang untungnya sudah ada internet, jangankan mencari pekerjaan di kota lain, mencari pekerjaan di luar negeripun semakin mudah. Tidak bisa dipungkiri internet sangat membantu kita dalam merajut mimpi masa depan. Dengan adanya internet, kita dengan mudah mendapatkan informasi untuk beasiswa dan pekerjaan baik di dalam negeri maupun luar negeri. Masa depan yang lebih cerah bisa dimulai dengan sebuah ketikan keyboard.

Selain gampang mendapatkan informasi, internet juga mempermudah jalinan komunikasi antara anak dengan orang tua, antara sahabat bahkan antara sejoli yang menjalin hubungan jarak jauh (LDR). Surat yang berisikan kabar tentang diri kita bisa sampai ke tangan penerima dalam hitungan beberapa detik dengan bantuan email. Email merupakan pengganti surat yang sangat efektif dan useful banget.

dampak positif internetJika malas menggunakan email, dunia internet menawarkan solusi lain yaitu live chat. Dengan live chat, kita bisa mengobrol secara online di dalam window chat private. Beberapa live chat bahkan menawarkan fitur tambahan yaitu fitur video chat. Bila live chat hanya bisa ngobrol biasa, video chat memperbolehkan kita ngobrol sambil bertatapan muka dengan lawan bicara dengan menggunakan sebuah kamera yang tersambung pada laptop atau komputer. Salah satu live chat dengan fitur video chat yang paling terkenal adalah Skype karena sistem Skype yang stabil dan memperbolehkan grup video chat yang berarti kita bisa ngobrol bertatapan muka bersama dengan beberapa orang sekaligus.

Selain untuk komunikasi, internet juga memberikan kita hiburan gratis. Kita bisa menikmati postingan lucu di web seperti 9Gag, atau menonton film secara gratis dengan cara streaming. Film-film yang disediakan pada situs-situs streaming ini pun beragam, mulai dari film bioskop hingga film seri TV bertema serial killer atau detektif yang menegangkan pun bisa kita nikmati di situ. Cocok buat kita yang lagi bokek, tapi butuh hiburan, kan.

So bisa dibilang, internet mempunyai dampak positif pada hidup kita. Ya, memang tidak bisa dihindari dan dipungkiri, internet juga memiliki dampak negatif seperti memudahkan anak mengakses informasi yang tidak senonoh atau membuat orang menjadi anti-sosial. Namun dengan cara penggunaan yang tepat, kita bisa menghindari dampak negatif internet. Bijaksanalah dalam menggunakan Internet –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *