Apakah Benar Facebook Akan Tutup?

Beberapa hari ini, tersiar kabar Facebook (FB) akan tutup namun belum ada info pastinya. Kenapa ada rumor begini? Ini muncul karena beberapa kali FB down. Pertama kali FB tidak bisa diakses pada awal bulan Oktober. Pengguna FB di Denmark, Norwegia, Swedia, Prague (Praha), India, Romania dan beberapa negara lainnya tidak dapat mengakses situs FB sama sekali selama 1 hari.

Facebook Tidak Bisa Diakses

Pertama saya tidak percaya dengan berita ini namun kemarin, saya baru mengalami kejadian yang sama. Pada sekitar jam 12 malam (pergantian tgl 31 Oktober ke 1 November 2012), saya mencoba membuka FB setelah selesai bercakap-cakap girang dengan teman kos. Berkali-kali membuka alamat url Facebook baik ketik langsung maupun menggunakan search engine Google, tidak ada hasil sama sekali. Pertama mikirnya emang koneksi internet, saya coba buka Twitter, Youtube, Allkpop dan Mangareader. Semua situs tersebut bisa dibuka. Nah, saya mengunakan cara lain lagi karena mengira masalahnya dari komputer saya. Cara lain yang digunakan adalah:

  1. Hapus semua cache dan cookie
  2. Restart Firefoxnya
  3. Coba buka dengan Chrome
  4. Disable dan enable koneksi internet
  5. Restart komputer

Hasil dari cara di atas adalah nihil. Hingga jam 1 lewat FBku tetap tidak bisa dibuka. Pas ada teman yang lewat, minta dia buka Facebook buat ngecekin bisa atau tidak. Jawaban dari teman tentu mengejutkan karena dia bilang “Gak bisa buka, kenapa ya?, waduh pikirnya Indonesia udah di band atau provider internet saya yang melarang kami mengakses FB.

Alasan Kenapa FB Down

Apakah facebook / FB akan tutupKarena udah subuh, akhirnya minta bantuan dukun Google. Pas dicari, ternyata emang banyak yang kena juga. Yawes karena sudah baca berita tentang Facebook Down dari beberapa artikel, diputuskan tidur dan menunggu pihak FBnya memperbaikinya karena itu bukan salah koneksi dan komputer melainkan terjadi sesuatu di perusahaan FBnya.

Bagun jam 6 lewat, langsung membuka Facebook lagi. Dag dig dug nunggunya, gak lama kemudian dari layar muncul halaman logi. Coba masuk, eh berhasil. Untunglah FB down di Indonesia tidak lama. Soalnya gimana nasib tanaman-tanaman yang ada di FarmVille2 ku. Hehehhe. Nah klo ketemu masalah seperti ini, tips dari saya adalah tenang dan akses lagi FBnya setelah 4-5 jam berlalu.

Dari pihak Facebooknya bilang, kalau terjadi down biasanya dikarenakan adanya sedikit perubahan yang dilakukan oleh pihak mereka. Perubahan tersebut kadang-kadang berefek user dari beberapa daerah tidak bisa mengakses halaman FB sama sekali. Namun pihak disana mengatakan mereka pasti akan segera mengatasinya bila ketemu masalah seperti ini. Jadi kesimpulannya adalah Facebook tidak tutup melainkan hanya down entah itu karena ada masalah internal, perubahan pada DNS atau fitur di dalam FB. Sampai disini dulu cerita penulis –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *