Apa itu Radang Sendi?

nyeri sendiRadang sendi adalah salah satu penyakit yang masuk ke dalam kelompok penyakit autoimun. Penyakit autoimun adalah penyakit yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh kita sendiri. Hal ini mengakibatkan radang pada sendi untuk waktu yang lama. Menurut website Pesona.co.id, wanita lebih rentan terkena penyakit radang sendi dibandingkan dengan pria. Wanita yang suka merokok dan jarang terpapar sinar matahari pagi memiliki resiko terkena radang sendi. Bahkan diperkirakan 0,3% penduduk di Indonesia mengalami penyakit ini.

Banyak orang berpikir penyakit radang sendi mulai menyerang ketika menginjak usia 40 tahun keatas. Namun pemikiran tersebut tidaklah tepat. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja tanpa membatasi gender dan umur. Kebanyakan radang sendi ini menyerang membran sinovial.

Fungsi Membran Sinovial pada Sendi

Membran Sinovial adalah membran yang melapisi sendi sinovial. Bagian tubuh mana saja yang termasuk dalam sendi sinovial? sendi pada lutut, pinggul, pergelangan tangan, siku dan bahu. Sendi pada bagian tersebut merupakan sendi yang paling banyak melakukan gerakan sehingga kita perlu menjaga agar membran Sinovial terjaga. Fungsi membran Sinovial adalahmengeluaran cairan yang digunakan sebagai pelumas untuk mempermudah gerakan sendi. Jika ada gangguan pada membran Sinovial akan berpengaruh pada fungsi sendi.

Penyebab Radang Sendi

Berikut ini beberapa penyebab radang sendi:

  • Umur = > Semakin tua, tubuh semakin kehilangan kemampuan untuk menyembuhkan tubuh sendiri termasuk bagian sendi.
  • Berat Badan => berat badan yang berlebihan akan memberikan bedan lebih pada persendian terutama sendi lutut yang harus menompang seluruh berat tubuh.
  • Keturunan => keturun genetik dimana membran Sinovial tipis atau bentuk tulang yang tidak umum bisa memicu semakin cepat penyakit ini menyerang. Genetik memang tidak bisa dilawan, namun kita bisa melakukan pecegahan.
  • Tututan Profesi => beberapa profesi membuat kita melakukan sebuah kegiatan berlebihan yang dapat menimbulkan radang sendi. Apa saja contoh profesi tersebut: altel olahraga.
    Tanda Nyeri Sendi

Tanda Penyakit Radang Sendi

Berikut ini beberapa tanda penyakit radang sendi yang perlu diwaspadai:

  • Kekakuan pada sekitar sendi pada pagi hari untuk beberapa menit terutama saat bangun
  • Kekakuan sendi semakin msering terjadi dan kurung waktu serangan yang semakin panjang
  • Terjadi pembengkaan pada persendian
  • Semakin lama pembengkaan semakin nyeri

Ketika mengalami tanda-tanda penyakit radang sendi di atas, sangat disarankan untuk menemui dokter untuk mendapatkan perawatan. -hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *