Aneh, Tapi Faktanya Lebih Banyak Generasi Milenial Yang Pilih Asuransi Syariah

asuransi syariahAsuransi syariah menjadi bahan perbincangan akhir-akhirnya. Faktanya, tema ini diminati oleh generasi milenial, generasi yang notebene sangat muda. Mengapa demikian? Apakah karena proses Allianz Klaim yang berbeda dengan produk asuransi lainnya ataukah karena alasan lain?

Banyak orang yang mengira jenis asuransi ini memang cocok untuk anak-anak milenial. Pasalnya, asuransi ini lebih fleksibel dan relatif lebih terjangkau dalam hal setoran bulanan. Tentu antara perusahaan asuransi berbasis syariah yang satu dengan yang lain berbeda. Namun, secara umum, preminya lebih terjangkau.

Contohnya saja Allianz Syariah yang menawarkan produk unggulannya berupa AlliSya Protection Plus. Salah satu keunggulannya adalah peserta asuransi bisa menentuk cara pembayaran serta jangka waktunya sendiri.

Akan tetapi, ada hal lain yang ternyata menjadi pertimbangan penting hingga akhirnya generasi milenial memilih asuransi syariah.

Alasan Agama

Banyak generasi milenial yang mungkin tidak begitu tahu tentang agama islam tapi sadar bahwa mereka harus belajar tentang islam. Ini khusus untuk mereka yang beragama islam. Dan mereka punya keinginan yang kuat untuk mengamalkannya.

Mereka mengerti bahwa ada sistem keuangan yang kurang tepat. Ketika mereka menemukan sistem keuangan syariah, seperti halnya asuransi berbasis syariah ini, mereka langsung menerima. Alasan agama membuat mereka seolah tidak perlu ragu lagi dengan pilihan yang satu ini.

Alasan Investasi

Generasi milenial mengerti betul bahwa dunia ini cepat berubah. Untuk itu, mereka ingin cepat-cepat melakukan investasi. Kebanyakan mereka tidak ingin menunggu hingga usia 50an tahun untuk bisa pensiun. Mereka ingin pensiun muda. Dan mereka persiapkan hal tersebut dengan cara investasi.

Ada banyak kanal untuk investasi, Ada rekasana dana. Ada investasi emas, saham. Dan lain sebagainya. Namun, mereka memilih asuransi syariah karena pada saat yang sama mereka mendapatkan asuransi jiwa dan investasi.

Kok bisa? Tentu saja bisa. Seperti produk dari Allianz Syariah, setiap peserta yang memilih premi asuransi berarti punya dana yang diinvestasikan di perusahaan tersebut. Ada bagi hasil di mana dana yang diinvestasikan akan mendapatkan keuntungan. Dan keuntungan tersebut dibagi antara Anda sebagai peserta asuransi dengan perusahaan.

Menarik, bukan?

Alasan Sosial

Siapa bilang generasi milenial kehilangan jiwa sosial? Justru mereka memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi. Lihat saja ketika ada bencana alam. Meskipun tidak di daerahnya, mereka tetap mau memberikan sumbangan. Apalagi di era digital sekarang ini di mana mereka bisa mengirimkan sumbangan dengan sangat mudah.

Dan ini pula yang menjadi alasan mereka suka asuransi syariah. Asuransi berbasis syariah ini merupakan asuransi dengan sistem gotong royong. Istilahnya adalah sharing of risk antar semua peserta yang ikut asuransi. Mereka yang sedang mengalami musibah dibantu oleh yang tidak mengalami musibah. Dan proses membantu tersebut dilakukan oleh pihak lain, yaitu perusahaan asuransi.

Era Informasi

Mau tidak mau, generasi milenial lah yang paling cepat mendapatkan informasi baru. Dan ini yang juga menjadi faktor yang mempengaruhi mengapa generasi milenial lebih banyak yang memilih asuransi berbasis syariah. Mereka tahu dunia digital dan mereka lebih cepat mendapatkan informasi di era digital karena asuransi model terbaru ini memang secara masif dipasarkan secara digital.

Dari beberapa hal tersebut, jelas sudah bahwa asuransi syariah tepat jika menyasar generasi milenial meskipun tidak menutup kemungkinan generasi lainnya juga pasti tertarik. Apalagi Allianz Syariah yang menawarkan berbagai keuntungan seperti sistem pembayaran yang sesuai dengan keinginan peserta, lama pembayaran premi, dana investas fixed atau balanced fund, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *