Air Garam Kurangi Nyeri Sendi

Penyakit nyeri sendi bisa menyerang siapa saja. Dia tidak melihat gendre dan umur. Saat sendi sudah terasa nyeri, sakitnya bukan main. Banyak orang memilih obat penghilang sakit, padahal ada cara lain yang lebih gampang yaitu menggunakan air garam hangat.

nyeri sendiBeredam dengan menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan garam ternyata dapat mengurangi efek inflamasi pada persendian sehingga rasa nyeri bisa berkurang. Berbeda dengan obat konvensional lainnya yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit, beredam dengan air garam hangat ini  tidak memiliki efek samping. Bila tidak ingin berendam, Anda bisa mencelupkan perban ke air garam hangat sebelum dibalutkan pada persendian yang sedang sakit.

Hal inilah yang disimpulkan oleh para peneliti dari Fakultas Life Sciences di Universitas Manchester, Inggris. Dr Compan dan Dar Pablo Pelegrin menemukan bahwa sel-sel pada penderita radang sendi bengkak sehingga terasa semakin sakit dan air garam hangat bisa mengurangi pembengkakan tersebut.

Cara Berendam Air Garam Hangat Bagi Penderita Nyeri Sendi

Berikut cara berendam di air garam hangat:

  • Tuangkan beberapa sedok makan garam (disesuikan dengan banyak air) ke dalam bathtub yang sudah diisi dengan air hangat.
  • Aduk garam hingga larut kemudian rendam tubuh Anda selama beberapa menit hingga rasa nyerinya mulai menghilang.
  • Bila merasa lengket setelah berendam, Anda bisa membilasnya dengan air hangat. Jangan sekali-kali menggunakan air dingin karena hanya akan memperburuk keadaan.
  • Jangan berendam terlalu lama agar tidak ketiduran atau pingsang karena kepanasan.

Menggunakan Perban Air Garam Hangat

Ketika menggunakan perban, Anda bisa menggunakan waktu Anda untuk melakukan aktivitas lain daripada seperti nonton film, karoke dan lainnya. Berikut cara menghilangkan nyeri pada sendi dengan menggunakan perban air garam hangat:

  • Campur air hangat dengan garam. Aduk hingga garam larut.
  • Celupkan perban ke dalam air garam hangat. Biarkan terendam dan semua bagian basah.
  • Balutkan perban basah tersebut ke daerah yang sakit.
  • Diamkan hingga perban dingin (tidak hangat lagi).
  • Bila sakit masih terasa, celupkan perban dan ikatkan lagi. Lakukan berulang-ulang hingga sakit hilang.
  • Bila air garamnya sudah dingin, ganti yang baru.

Gampangnya sih gunakan cara berendam agar semua bagian tubuh (dari leher kebawah) bisa menyerap kebaikan dari air garam hangat dan mengurangi nyeri sendi lebih cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *