Agar Aman Berkendara, Perhatikan Hal Ini!

mobilSebagai pengendara, Anda memang selalu dianjurkan untuk selalu berhati-hati ketika mengendarai kendaraan. Sebab jika Anda lengah maka tentu sangat berisiko tinggi menimbulkan kecelakaan. Sekalipun Anda sudah memiliki asuransi kecelakaan yang akan menanggung semua kerugian yang ditimbulkan, namun risiko untuk mengalami kecelakaan tentu saja tidak bisa dihindari.

Untuk itu, agar aman berkendara sekaligus terhindar dari kecelakaan lalu lintas, perhatikan dulu beberapa hal penting ini. Apa saja? Yuk, disimak!

  • Pakai sabuk pengaman. Sabuk pengaman merupakan alat khusus yang dirancang di dalam kendaraan yang berfungsi untuk menahan tubuh agar tetap berada di tempat ketika terjadi benturan pada kendaraan. Posisi pemakaian dari sabuk pengaman ini sendiri adalah menyilang pada bagian tulang bahu dan tulang pinggul. Nah, mengingat sangat pentingnya sabuk pengaman ini, jangan sampai lupa memasangnya ketika Anda berkendara. Selain mengurangi risiko benturan, pemakaian sabuk pengaman tersebut sangat bermanfaat jika terjadi kecelakaan pada Anda.
  • Manfaatkan spion kendaraan Anda. Agar semakin aman berkendara, alangkah baiknya selalu manfaatkan kaca spion kendaraan Anda. Spion sendiri berfungsi sebagai komponen untuk melihat posisi kendaraan yang berada di belakang mobil Anda serta melihat sisi bagian sebelah kiri dan kanan. Dengan adanya spion ini, maka akan sangat membantu pada saat Anda berkendara karena dapat melihat dengan jelas semua kendaraan yang akan menyalip maupun berada dekat dengan kendaraan Anda.
  • Jaga jarak aman dengan kendaraan lainnya. Meskipun suasana lalu lintas terlihat cukup lancar tanpa macet, akan tetapi Anda harus selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan yang berada tepat di depan maupun belakang kendaraan Anda. Selain bisa mengurangi risiko kecelakaan, posisi ini juga bermanfaat untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi rem mendadak. Untuk jaraknya adalah sekitar tiga detik waktu tempuh kendaraan Anda dengan kendaraan lainnya.
  • Jangan sampai lupa, selalu berkonsentrasi saat berkendara. Salah satu faktor paling penting yang dapat menghindari Anda dari kecelakaan serta aman berkendara adalah selalu berkonsentrasi. Sebab jika Anda tidak berkonsenstrasi, maka sangat berisiko tinggi menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Terlebih jika Anda bermain handphone ketika berkendara, tentu kondisi ini akan semakin meningkatkan risiko kecelakaan.

Itulah beberapa hal yang harus selalu diperhatikan supaya terbebas dari kecelakaan. Selalu berhati-hati, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *