9 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Kita

Jantung merupakan salah satu organ tubuh dengan fungsi yang sangat penting yaitu memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Kita harus ekstra hati – hati menjaga kesehatan jantung kita, bila tidak kita akan mengalami berbagai gangguan jantung. Gangguan pada jantung menjadi pemicu kematian lebih dari 600.000 pertahunnya di Amerika. Angka yang tidak bisa dibilang kecil dengan jumlah penduduk Amerika yang mencapai 27 juta jiwa.

Peraturan Penting Dalam Menjaga Kesehatan Jantung

Demi mencegah makin banyaknya kematian dikarenakan gangguan jantung, berbagai penelitian dilakukan baik dari obat, terapi hingga cara hidup yang sehat.  Berikut ini 12 cara sehat yang bisa kita lakukan untuk menjamin diri kita sehat dan meminimalis munculnya gangguan pada jantung kita:

  • kesehatan jantungPilihan whole grains spertih nasi merah, oatmeal dan tepung gandum. Pilihlah gandum karena gandum sangat baik bagi kesehatan terutama untuk jantung. Fiber pada nasi merah, oatmeal serta gandum juga dapat membuat perut kenyang untuk waktu yang lama.
  • Jangan terlalu sering  dan terlalu banyak mengkonsumsi seafood terutama cumi, udang dan kepiting. Fokuskan diri untuk mengkonsumsi ikan seperti tuna dan salmon yang mengandung omega 3. Omega 3 terbukti menurunkan resiko penyakit jantung dengan mengurangi tekanan darah dan jumlah kolesterol. Asosiasi Kesehatan Amerika (American Heart Association) merekomendasikan mengkonsumsi setidaknya 2 kali jenis makan dengan ikan tuna atau salmon dalam seminggu.
  • Berjemur di pagi hari (jam 6 – 9 pagi) menurut Ilmuwan Edinburgh University meningkatkan kesehatan jantung. Sinar matahari sehat yang muncul pas pagi hari bisa membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Dengan berkurangnya tekanan darah dengan berjemur, kita sudah meminimalis resiko terserang penyakit jantung serta stroke. Tidak hanya itu, menurut hasil penelitian bahwa sinar matahari ini juga membantu memperpanjang umur kita.
  • Asosiasi Jantung Amerika (American Heart Association) menerbitakan sebuah hasil penelitian yang dilakukan seorang ahli setelah mempelajari data terkumpul selama beberapa tahun mengenai manfaat memiliku hewan peliharaan. Dari penelitian tersebut terbukti bahwa memiliki hewan peliharaan terutama anjing dapat menurunkan resiko terserang penyakit jantung karena kita sebagai pemilik hewan peliharaan memiliki alasan untuk keluar dan menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan daripada duduk di sofa sambil ngemil sehingga tubuh kita bergerak dan membakar energi dengan baik.
  • Cara terbaik untuk sehat dan memiliki jantung yang sehat adalah mengkonsumsi makanan yang memang baik untuk kita seperti buah, sayuran, kacang-kacangan dan gandum. Saatnya berkreasi agar setiap makanan sehat ini ada dalam setiap santapan / hidangan. Ada baiknya lagi bila, cemilan tidak sehat digantu menjadi cemilan sehat dengan menggunakan makanan-makanan sehat ini. Ayo jangan malas dalam menjaga kesehatan jantung kita.
  • Hindari konsumsi gula dan garam yang terlalu banyak. Menurut American Heart Association (AHA) garam dan gula merupakan salah satu pemicu penyakit jantung. Garam menaikan tekanan darah dan gula membuat kalori naik. Untuk gula, AHA menyarankan wanita hanya mengkonsumsi 100 calori gula dan pria hanya 150 calori gula per hari. Sedangkan garam, wanita maupun pria hanya disarankan mengkonsumsi ½ sendok teh garam per hari.
  • Diabetes merupakan salah satu faktor utama penyebab gangguan pada kesehatan jantung. Menurut AHA setidaknya ada 65 persen penderita diabetes meninggal karena penyakit jantung. Jadi AHA sangat menyarankan kita menghindari penyakit diabetes, obesitas dan diet tidak seimbang. Seandainya, kita sudah termasuk dalam daftar penderita diabetes; saatnya jaga kesehatan tubuh kita. Pastikan tekanan darah kita kurang dari 130 mm HG (Systolic) dan 80 mm HG (Diastolic). Gula darah harus dibawah 110 mg/dl.
  • Berolahraga merupakan gaya hidup sehat lainnya yang perlu dipupuk dari sekarang. Pada saat berolahraga, jantung kita akan berdetak lebih cepat jadi boleh dibilang jantung berolahraga pada saat itu. Tidak ada salahnya berolahraga selama 30 menit untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Contoh olahraga yang baik adalah berjalan, jogging, berenang, bersepeda dan aerobik.
  • Hidup sehat berarti saatnya membatasi konsumsi daging. Takaran yang sehat adalah 6 ons perhari. Dibandikan steak sirloin, ayam tanpa kulit memiliki lemak dan kolesterol yang lebih rendah.

“Hidup Sehat dan Badan Sehat, Hati tenang”

Sampai di sini dulu artikel kesehatan jantung ini. Ayo hidup sehat –hm-

1 comment for “9 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Kita

  1. Maret 12, 2015 at 5:42 pm

    Makasih buat info pentingnya :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *