5 Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan

daun meniran

image source: khasiat

Pernah mendengar nama daun meniran? Daun ini merupakan salah satu tanaman yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman ini memiliki banyak khasiat sehingga muncullah ekstrak meniran. Wew klo mudah kenapa sampai dibuat ekstrak? Tanaman ini menang mudah ditemukan di di Indonesia  yang masih memiliki hutan. Jika kota-kota besar Indonesia sih, udah susah menemukan tanaman ini sehingga dibuatlah ekstraknya sehingga orang-orang kota besar di Indonesia bisa menikmati khasiatnya. Emang khasiat daun meniran ini bagus? Yap, dan banyak seperti:

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Kandungan pada daun meniran merangsang aktivitas imunomodulator yang merupakan senyawa yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi daun meniran atau ekstrak meniran ini sangat cocok dikonsumsi pada saat aktivitas yang padat agar tubuh tidak cepat sakit dan Lelah.
  • Membantu Membersihkan Tubuh dari Zat yang Tidak Berguna. Kandungan pada daun meniran dapat meningkatkan volume urin. Apa hubungannya volume uron dengan membersihkan tubuh dari zat tidak berguna? Urin merupakan salah satu cara membuang racun dan zat tidak berguna.
  • Antigen Virus Hepatitis B. Berdasarkan info dari web BPTP RIAU dan penelitian yang dilakukan DR Baruch Blumberg menemukan bahwa antigen virus hepatitis B adalah daun meniran. Sehingga para pembawa genetic penyakit hepatitis B atau orang yang mulai mengalami gejaranya disarankan untuk untuk mengkonsumsi daun meniran atau ekstraknya.
  • Mengurangi Peradangan. Pada saat tubuh mengalami infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus, tubuh akan melawan. Saat proses perang antara daya tahan tubuh dan bakteri atau virus, tidak jarang muncul peradangan. Nah, daun meniran mengandung zat anti peradangan yang membantu tubuh dengan cepat mengobati diri sendiri. Selain daun meniran, ekstrak buah manggis berdasarkan penelitian juga membantu mengurangi peradangan.
  • Membantu Mengurangi Masalah Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi. Penyakit darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang susah disembuhkan bisa karena gaya hidup, makanan yang dikonsumsi dan sebagainya. Daun meniran bisa menjadi solusi untuk masalah ini. Namun pengkonsumsiannya harus didiskusikan dengan dokter terlebih lagi jika sudah ada obat dokter yang diminum.

Wah, ternyata tanaman meniran yang banyak ditemukan di hutan bahkan dipinggir jalan ternyata memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Namun jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya ya agar aman. -hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *