5 Langkah Menuang Bir Agar Terasa Lebih Nikmat

menuang birSetiap orang biasanya memiliki preferensi sendiri tentang cara menuang bir ke dalam gelas. Mungkin di antara kamu ada yang lebih suka menuang bir dengan banyak busa yang berkumpul di bagian atas, atau mungkin kamu malah lebih suka menikmati bir dengan sedikit buih di gelas. Tapi tahukah kamu, cara penuangan bir itu ternyata juga bisa mempengaruhi rasa dari bir? Saat botol atau kemasan kaleng dibuka, lalu dituangkan isinya ke dalam gelas, oksigen dari udara di sekitar kamu bisa berekasi dengan bir. Sehingga rasa bir yangkamu beli di tempat jual minuman alkohol favorit, bisa saja berubah. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk menuangkan bir? Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini!

  • cara menuang birPilih gelas yang bersih, supaya cita rasa bir tidak bercampur dengan debu atau sisa minuman yang menempel di dalam gelas. Gelas yang berukuran besar, cocok digunakan untuk menikmati bir, jadi kamu tidak perlu terlalu sering menuangkan bir dari botol.
  • Miringkan gelas dan botol bir hingga membentuk sudut 450, dengan cara mengangkatnya menggunakan satu tangan, atau bisa juga menahan dasar gelas dengan siku tangan ada di atas meja supaya lebih stabil. Posisi gelas seperti ini lebih memudahkan kamu untuk mengontrol aliran bir dari dalam botol, supaya tidak mudah tumpah dan bir tidak meluap dari gelas.
  • Tuangkan bir ke dalam gelas dengan cepat, tapi usahakan dalam volume yangstabil. Lalu mulai tegakkan gelas, saat gelas sudah terisi sepertiga atau setengah bagiannya.
  • Bila busa yang terbentuk sudah banyak dan hampir mencapai sisi gelas, hentikan proses penuangan birnya. Tapi, biladi dalam gelas tidak terbentuk cukup busa, tuangkan bir pada bagian tepi gelasĀ  hinggaterbentukbusa. Busa bir ini ternyata juga bisa membantu agar cita rasa bir tetap terjaga.
  • Tunggu beberapa detik sebelum diminum, kira-kira sampai posisi busa stabil di bagian atas gelas. Aroma bir itu paling sempurna bila buih-buihnya berkumpul di puncak gelas. Hirup aromanya, lalu segera nikmati segelas bir pilihamu.

Nah, cara menuangkan bir supaya aroma dan rasanya bisa dinikmati dengan sempurna itu tidak sulit, kan? Selamat mencoba! (TR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *