5 Kuliner Bali yang Tidak Boleh Terlewatkan

Bosan dengan kuliner yang terdapat di daerahmu? Hhm, Inilah saatnya kamu mencoba kuliner baru dari daerah lain. Daerah manakah itu? Tentu saja, daerah yang wisata alamnya terkenal hingga ke ujung dunia, yaitu Bali. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, ternyata daerah Bali juga terkenal akan kulinernya yang begitu nikmat dan sangat enak. Banyak wisatawan mengatakan, kuliner yang terdapat di daerah Bali memiliki cita rasa yang begitu nikmat dan enak. Nah, jika kamu tertarik untuk mencicipi kuliner di kota Bali, segera rencanakan liburanmu dan jangan lupa sewa mobil Mitsubishi Delica untuk transportasimu selama di Bali.

So, apa saja kuliner terenak yang bisa kamu cicipi di kota Bali? Berikut beberapa diantaranya:

Sate Lilit

sate lilit BaliKebanyakan sate yang pernah kita makan, daging satenya ditusuk bukan? Tapi, berbeda dengan sate lilit dari Bali. Sate Lilit dibuat dengan cara melilitkan dagingnya pada batang bambu atau batang daun serai. Akan tetapi, terlebih dahulu daging yang dililit dibumbui dengan bumbu rempah-rempah yang bercita rasa khas orang Indonesia. Daging yang digunakan pun beraneka macam seperti ayam, babi, ikan, dan lainnya.

Ayam Betutu

Ayam Betutu BaliSiapa yang tidak kenal dengan Ayam Betutu dari Kota Bali? Menu yang memiliki cita rasa pedas dan kaya akan rempah-rempah, sungguh nikmat sekali apabila dimakan bersama keluarga. Hal yang paling unik dari Ayam Betutu yaitu bumbu rempah-rempah yang dijadikan olahan membuat Ayam Betutu, dimasukkan ke dalam daging Ayam dan dibalut dengan daun pisang. Proses memasaknya pun juga unik, dengan cara memanggang Ayam Betutu selama 24 jam.

Lawar Kuwir

Lawar KuwirLawar Kuwir merupakan campuran sayur-sayuran dengan daging cincang yang dibuat dengan bumbu khas Bali. Daging yang digunakan untuk campuran sayuran yaitu daging Babi dan Bebek. Lawar Kuwir akan lebih nikmat, bila dimakan dengan nasi putih, sate lilit, kacang tanah dan suwiran ayam betutu.

Babi Guling

Babi GulingMakanan yang paling terkenal di kota Bali yaitu Babi Guling. Babi Guling yang dimasak kecoklatan dan kaya akan bumbu rempah-rempah, sungguh renyah dan enak jika dimakan dengan sate lilit, nasi hangat, dan lawar kulit.  Sama dengan Ayam Betutu, ternyata membuat Babi Guling juga memasukkan bumbu rempah-rempah dan sayur daun ketela ke dalam perut Babi dan dibakar di bara api.

Nasi Campur Ayam Bali

Nasi Campur Ayam BaliBuat kamu yang tidak memiliki banyak waktu, saat mencicipi kuliner di kota Bali. Maka, kamu bisa mencicipi kuliner di Bali hanya dalam satu piring lho! Semua kuliner seperti Sate Lilit, Suwiran, Genep Bali, Sayur Urap, dan Lawar Ayam dicampur menjadi satu di atas nasi hangat. Rasa yang enak dan nikmat, akan mengugah seleramu untuk memakannya. Nah, untuk menambah cita rasa yang enak, kamu bisa memakannya dengan sambel matah dan sambel embe Bali.

Keliatannya enak-enak yaa kuliner yang ada di Balinya. –Sh–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *