4 Spesifikasi Bahan Bakar Minyak untuk Kendaraan

solar
image source: The Sun

Bagi kamu yang masih awam dengan bahan bakar minyak, pastinya belum kenal dengan setiap spesifikasi dari bahan bakar ini, kan? Jangankan soal spesifikasi, masalah proses bisnis hilir migas dari minyak mentah hingga hasil olahannya didistribusikan ke masyarakat Anda tidak tahu. Nah, bahan bakar sendiri merupakan hasil penyulingan minyak bumi yang digunakan untuk mengatur suplai bahan bakar dalam komponen kendaraan sesuai dengan kebutuhan engine sehingga bisa memberikan energi untuk kendaraan. Tanpa adanya bahan bakar ini, maka kendaraan pun tidak akan bisa berfungsi dengan baik, untuk itulah tidak heran bila keberadaan bahan bakar maupun distributor bahan bakar minyak ini sangat dibutuhkan oleh pengendara.

Lantas, apa saja spesifikasi dari bahan bakar minyak ini? Yuk, simak langsung deh!

  • Pertamax Plus. Saat membeli bahan bakar di SPBU, Anda pasti sering melihat jika ada plang untuk mengisi bahan bakar kendaraan dengan tulisan Pertamax Plus ini. Pertamax Plus adalah salah satu spesifikasi bahan bakar untuk kendaraan yang memiliki kualitas tinggi. Biasanya, jenis bahan bakar ini kerapa diformulasikan untuk kendaraan yang mesinnya bekerja dengan kompresi tinggi, misalnya seperti kendaraan keluaran tahun 1992 ataupun yang menggunakan katalistik converter. Bahan bakar ini memiliki oktan sekitar 95 yang mana jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan Premium dan Premix.
  • Pertamax. Pertamax ini bisa dibilang bawahannya Pertamax Plus karena memiliki jumlah oktan sekitar 92, tidak jauh berbeda dengan Pertamax Plus. Dan dari segi kandungan aditif, bahan bakar satu ini masih termasuk ke dalam generasi canggih sekaligus mempunyai kualitas cukup bagus sehingga mampu menjaga keawetan komponen mesin yang terdapat di dalam kendaraan. Atas alasan inilah mungkin banyak yang memilih pertamax ini untuk kendaraan mereka.
  • Pertalite. Pernah menggunakan bahan bakar satu ini? Sebagian dari Anda mungkin sudah ada yang pernah memanfaatkan bahan bakar Pertalite ini untuk kendaraan. Hampir mirip dengan bahan bakar pada umumnya, Pertalite ini juga digunakan untuk bahan bakar kendaraan. Namun, bedanya Pertalite ini berwarna hijau jernih dan memiliki kualitas lebih bagus apabila dibandingkan dengan Premium.
  • Premium. Kalau dilihat, mungkin bahan bakar Premium ini paling banyak digunakan untuk kendaraan, baik itu motor maupun mobil. Selain harganya yang murah, bahan bakar ini juga memiliki kualitas bagus sehingga jika digunakan tidak akan merusak mesin kendaraan. Biasanya, bahan bakar Premium ini memiliki warna kekuningan dan cukup jernih.

Itulah beberapa jenis bahan bakar yang acap digunakan untuk kendaraan. –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *