4 Penyebab Kebakaran yang Sering Terjadi disekitar Kita

rumah kebakaran

source: google

Dengan adanya asuransi kebakaran, bukan berarti kita boleh lengah. Tetaplah waspada karena api bisa teman ataupun lawan tergantung dari cara penggunaannya. Terlalu lengah bisa menjadi bencana. Api tidak pandang bulu apa saja yang ada di sekitarnya akan dilahapnya bahkan itu termasuk manusia. Tidak tanggung-tanggung kerugian dan kesedihan yang bisa disebabkan Si Jago Merah yang tidak terkendali. Banyak yang berusaha mengantisipasi terjadinya kebakaran besar dengan menggunakan fire sprinkler, meskipun banyak juga yang masih ragu dan berpikir pentingkah menggunakan fire sprinkler dan memilih mengantisipasinya dengan cara lain.

Namun, cara paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan meminimalis terjadinya kebakaran, dengan cara aware terhadap apa saja penyebab kebakaran sehingga kita bisa menghindarinya.

Berikut ini 4 penyebab kebakaran yang sering terjadi:

Kompor dan Gas

Pemicu kebakaran yang paling banyak terjadi saat ini berasal dari dapur baik dari gas bocor atau kompor menyalah yang ditinggal. Untuk menghindairnya, disarankan melakukan pengecekan selalu rutin apakah ada bau gas atau suara mendesis pada tabung gas agar bisa menghindari adanya kebocoran gas. Dan pastikan ketika sedang masak, kita tidak meninggalkan kompor terlalu lama tanpa ada yang memperhatikan.

Konslet Listrk

konslet listrik

source: google

Jangan sembarangan melakukan pemasangan listrik tanpa bantuan ahli karena kesalahan pemasangan dapat memicu konslet listrik yang kemudian memunculkan api. Gimana cara menghindarinya? Lakukan pengecekan secara rutin untuk peralatan elektronk soket,, colokan dan kabel. Jika ada kabel yang sudah terbuka, langsung ganti dan gunakan kabel berlabel SNI. Dan jangan semua barnag elektronik hanya menggunakan 1 soket sumber listrik karena itu akan membebani soket tersebut sehingga kepanasan, meleleh dan memicu kebakaran.

Putung Rokok

Entah kenapa banyak yang merokok suka membuang putung rokok tanpa mematikannya, heran banget sama mereka yang tidak peduli gimana jika putung rokok mereka menjadi pemicu kebakaran. Tidak ada yang  bisa menerka-nerka masa depan namun apa yang kita lakukan sekarang menentukan kejadian di masa mendatang. Bagi teman-teman yang merokok baik di rumah ataupun diluar, pastikan api rokok sudah dimatikan pada saat dibuang. Jangan sampai satu kelalaian karena kebiasaan menyebabkan masalah yang lebih besar.

Bakar Sampah

Sampah dibakar memang tidak salah namun tidak sedikit orang yang meninggalkan sampah yang dibakar tanpa perhatian. Saat kita membakar sampah, pastikan kita terus menjaganya agar api tidak melebar kemana-mana. Dan setelah sampah selesai dibakar, kita perlu memastikan apinya memang sudah padam total atau belum. Ingat! Tetaplah waspada. hm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *