3 Makanan Ini Ternyata Mampu Melancarkan ASI

asi

image source: Meetdoctor

Meski, sudah mengonsumsi minuman pelancar ASI, namun nyatanya tidak sedikit ibu menyusui yang masih mengeluhkan bila ASI yang diberikan kepada sang buah hati masih belum tercukupi. Entah itu, diakibatkan oleh ASI yang hanya berjumlah sedikit ataupun tidak lancar. Meskipun demikian, namun sebenarnya Ibu tidak perlu khawatir dengan keadaan yang seperti ini, sebab ada beberapa makanan yang dipercaya mampu melancarkan ASI ini. Dan nantinya setelah Ibu mengonsumsi makanan ini, maka bisa dipastikan cairan ASI pun akan langsung bertambah dan nutrisi yang diberikan kepada bayi bisa terpenuhi.

Lalu, makanan mana sajakah yang bisa memperlancar air susu ibu ini? Adapun beberapa makanannya adalah sebagai berikut ini;

  • Edamame. Edamame merupakan salah satu jenis kedelai yang berasal dari negara Jepang, dan dianggap bisa memperlancar air susu ibu. Ini karena di dalam Edamame tersimpan berbagai zat nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui. Mulai dari; magnesium, vitamin C, zat besi, vitamin K, mangan, kalium, riboflavin, fosfor, dan asam folat. Untuk itu, dengan raji mengonsumsi makanan Edadame ini sebanyak 65 gram sehari, maka hasilnya ASI pun akan berlimpah.
  • Bunga Pepaya. Seperti yang sangat jelas kita ketahui, bunga pepaya memang memiliki rasa yang cukup pahit. Namun, siapa yang bisa menduga jika bunga papaya ini bisa dijadikan sebagai makanan untuk melancarkan ASI. Lantaran, bunga pepaya memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, kalsium, dan fosfor yang bisa membantu memperbanyak ASI. Selain itu, bunga pepaya pun menyimpan kandungan enzim papain yang bisa mempercepat proses sistem pencernaan protein.
  • Pare. Sama dengan bunga pepaya yang mempunyai rasa sangat pahit, sayuran pare pun bisa dimanfaatkan untuk memperbanyak ASI. Sebab, pare mengandung vitamin C yang bisa melindungi kesehatan tubuh sang Ibu maupun bayi yang disusuinya. Tidak hanya itu, pare pun bisa dimanfaatkan untuk pencegah penyakit kanker yang sewaktu-waktu bisa menyerang tubuh ibu menyusui.

Selain ketiga makanan tersebut, ternyata Ibu juga bisa meningkatkan produksi ASI dengan kurma, loh. Jadi kalau Ibu tidak suka dengan rasa pahit dari bunga pepaya atau pare, bisa mengonsumsi kurma sebagai penggantinya. Tuh, buat Ibu yang ingin memperbanyak sekaligus memperlancar ASI, maka ada baiknya Ibu rajin mengonsumsi berbagai makanan di atas. Selamat mencoba! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *